Bupati Belitung Targetkan Sosialisasi New Normal Selesai 30 Juni 2020

by -
Bupati Belitung Targetkan Sosialisasi New Normal Selesai 30 Juni 2020
Suasana pertemuan dengan Kades se Kabupaten Belitung.

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung mengharapkan sosialisasi “new normal” segera tersampaikan ke masyarakat. Maka dari itu peran serta dari aparatur Kecamatan dan Desa sangat dibutuhkan dalam mensosialisasikan “new normal” tersebut.

Hal itu dikatakan Bupati Belitung Sahani Saleh usai mengelar silaturahmi dengan seluruh Kepala Desa dalam rangka Sosialisasi “New Normal”, Senin (22/6). “Pola yang disampaikan, pihak Desa akan diberi materi, berupa audio visual mengenai SOP Protokol kesehatan dari 10 bidang yang ada,” kata Sahani.

Kemudian kata orang nomor 1 di Kabupaten Belitung itu, Ketua Rukun Tangga ( RT), Rukun Warga ( RW), Kepala Dusun, tokoh-tokoh masyarakat dan komunitas masyarakat menjadi yang prioritas dalam sosialisasi “new normal” di jajaran Desa.”Pak camat akan membimbing dan memantau sosialisasinya,” terangnya.

Menurut Sanem sapaan karib Bupati Belitung, Pemkab menargetkan sosialisasi di tingkat Desa hingga (30/06) mendatang, karena 1 juli 2020 new normal akan diterapkan. Jika desanya cukup luas, maka sosialisasi bisa dilakukan berkali-kali oleh pihak desa itu sendiri. “Secara teknis, kalau sekaligus tidak akan mungkin, jadi 1 desa bisa 2 hingga 3 kali sosialisasi kepada masyarakat,” jelasnya.

Alasan Pemkab Belitung mengambil tema “new normal” dengan menyalin ke bahasa Belitung yakni ” tampang lama perangai baru”, sebagai inovasi agar mudah dipahami oleh masyarakat Belitung secara luas. “Masing-masing daerah dipersilahkan berinovasi dalam penerapan new normal. Inovasi kita dalam segi tata bahasa agar orang Belitung mudah memahami,” terangnya.

Menurut Sanem, “tampang lama perangai baru”, yakni masih dengan orang yang sama, namun prilaku atau sikapnya harus ada perubahan. Misalnya kalau sebelumnya duduk bersama dan sekarang harus jaga jarak. Selain itu kalau sebelumnya tidak menggunakan masker, sekarang mulai digunakan. “Prilaku mematuhi Protokol kesehatan yang kita harapkan di masyarakat, perubahan prilaku dan kata perangai itu bahasa sehari-hari,” pungkasnya.

Adapun 10 bidang SOP new normal yang dipaparkan kepada kades Se kabupaten Belitung, yaitu bidang kedinasan dan tempat bekerja bagi aparatur sipil negara, bidang layanan kesehatan, bidang layanan pendidikan dan kebudayaan, bidang kegiatan keagamaan, kemasyarakatan dan penyelenggaraan acara, bidang usaha/pusat keramaian (pasar dan pertokoan). Selanjutnya bidang pariwisata, bidang transportasi publik, bidang pemerintahan Desa, bidang layanan investasi, dan bidang kepemudaan dan olahraga. (dod)

Editor: Yudiansyah