Bupati Beltim Minta Polisi Tindak Aksi Kebut-Kebutan Selama Ramadan

by -
Bupati Beltim Minta Polisi Tindak Aksi Kebut-Kebutan Selama Ramadan
Foto bersama usai Apel Operasi Keselamatan Menumbing 2021 di Polres Beltim, Senin (12/4).

belitongekspres.co.id, MANGGAR – Bupati Belitung Timur (Beltim) Burhanudin meminta pihak kepolisian menindak tegas aksi kebut-kebutan di jalan selama bulan suci Ramadan. Pasalnya, sudah menjadi kebiasaan setiap Ramadan, anak muda sering memanfaatkan waktu setelah sahur dengan kegiatan yang mengganggu keselamatan di jalanan tersebut.

“Operasi pihak kepolisian juga harus sinergis dengan kita di Pemda. Dimana saat sahur, anak-anak sering kebut-kebutan pasti terjadi. Ini juga sama-sama kita tindak, bersama Polsek dan Polres serta Satlantas, kita bersinergi untuk mencegah jangan sampai maut menjemput mereka sebelum lebaran,” ujar Bupati Beltim, seusai mengikuti Apel Operasi Keselamatan Menumbing 2021, Senin (12/4).

Bupati yang karib disapa Aan juga meminta kepolisian menindak penggunaan knalpot racing yang dikhawatirkan mengganggu ibadah Ramadan. “Intinya kita Pemda mendukung Operasi yang dilaksanakan Polres Beltim dan tentunya warga masyarakat dapat mematuhi apa yang diterapkan oleh kepolisian. Saya juga menghimbau untuk knalpot racing juga ditindak kepolisian karena ini menyangkut masalah ketenangan masyarakat di saat bulan suci Ramadan,” katanya.

Lebih lanjut Aan mengatakan, Pemerintah Daerah juga akan meminta para Camat dan Kepala Desa untuk membantu mensosialisasikan kenyamanan dan keselamatan di wilayahnya masing-masing.

“Jadi ini perlu kita sampaikan kepada Camat, Kades dan Polsek dalam rangka menjaga ketenangan beribadah di bulan suci ramadan. Dan keselamatan masyarakat berlalu lintas ya patuhi undang-undang dan menjaga keselamatan kita bersama,” tukasnya.

Sementara itu, Wakapolres Beltim Kompol Agus Handoko menegaskan Operasi Keselamatan Menumbing 2021 diperuntukkan dalam rangka meningkatkan Kamseltibcarlantas dan keamanan di jalan selama menghadapi bulan Ramadan di wilayah Beltim.

“Ini juga merupakan operasi serentak mandiri kewilayahan yang dilaksanakan di Indoensia. Adapun titik berat operasi ini adalah bagaimana memberikan rasa aman, nyaman bagi pengendara,” ujar Kompol Agus.

Tujuan lainnya, Operasi Keselamatan Menumbing diharapkan meningkatkan kepatuhan lalu lintas masyarakat yang ditandai dengan berkurangnya resiko kecelakaan lalu lintas di jalan.

“Dengan operasi ini juga kami berharap mohon kerjasama Pemda, stakeholder yang ada kita sama-sama melaksanakan Kamseltibcarlantas melalui himbauan adanya operasi ini dapat meningkatkan keamanan di jalan, menekan terjadinya laka lantas dan dapat menekan penyebaran covid juga menjadi faktor penting sehingga nantinya bersama-sama menciptakan kamtibmas aman dan kondusif,” ulasnya.

Apel Operasi Keselamatan Menumbing 2021 yang digelar di halaman Mapolres Beltim juga melibatkan unsur TNI, Dinas Perhubungan dan instansi lainnya. Ikut menghadiri apel, Ketua DPRD Beltim Fezzi Uktolseja, Danramil Manggar Mayor Inf Joko Lelono, Kejari Beltim yang diwakili Kasi Pidum Riky Apriansyah SH MH dan Komandan Pos AL serta Komandan Pos AU Manggar. (msi)