Bupati Beltim Raih Penghargaan Kabupaten Peduli HAM Kali ke-4

by -
Bupati Beltim Raih Penghargaan Kabupaten Peduli HAM Kali ke-4
Bupati Beltim Yuslih Ihza bersama Kepala Daerah lain yang ikut menerima penghargaan sebagai Kabupaten Peduli HAM.

belitongekspres.co.id, MANGGAR – Bupati Beltim Yuslih Ihza kembali mendapatkan penghargaan sebagai Kabupaten Peduli Hak Azasi Manusia (HAM) untuk ke-4 kalinya. Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Bupati Beltim dalam acara Peringatan Hari Hak Azasi Manusia ke-71 tahun 2019 di Jakarta.

“Kita patut berbangga bahwa tahun ini Kabupaten Beltim kembali menerima penghargaan sebagai Kabupaten Peduli HAM yang ke-4 kalinya secara berturut-turut,” ungkap Yuslih, Selasa (10/12) kemarin.

Penghargaan tersebut diberikan kepada Kabupaten yang telah memenuhi dan memberikan perhatian lebih kepada pemenuhan HAM di bidang kesehatan, pendidikan, hak perempuan dan anak, kependudukan, pekerjaan, perumahan yang layak dan lingkungan berkelanjutan.

Beberapa pencapaian Kabupaten Beltim yang patut dibanggakan diantaranya di bidang pendidikan dengan anggaran yang disediakan telah melebihi target pusat yaitu 20 persen dan kesehatan lebih dari 10 persen.

“Untuk bidang pendidikan dan bidang kesehatan, itu sudah ada penghargaan prestisius sebelumnya diberikan oleh kementerian teknis,” ujar Yuslih.

Pencapaian lainnya yakni di bidang kependudukan kepemilikan kartu identitas penduduk dan anak telah melebihi target 90 persen. Hal ini membuat Beltim juga meraih penghargaan pencatatan kependudukan terbaik se Bangka Belitung.

Bidang pekerjaan dan ketenagakerjaan, angka pengangguran terbuka di Beltim dari 2014 – 2019 terus mengalami penurunan hingga terakhir pada kisaran angka 1 persen.

Kepedulian Pemkab Beltim dengan dunia pendidikan juga tidak hanya pendidikan formal. Alokasi anggaran untuk pendidikan agama, TPA hingga insentif bagi guru-guru pengajar.

“Artinya penghargaan ini rangkaian dari prestasi yang diraih Pemkab Belitung Timur dalam menjalankan urusan khususnya dibidang pemenuhan pelayanan dasar kepada masyarakat,” tukasnya.

 

Editor: Subrata
Reporter: Muchlis Ilham