Bupati Beltim Segera Bentuk Satgas Penanggulangan Bencana

by -
Bupati Beltim Segera Bentuk Satgas Penanggulangan Bencana
Bupati Beltim, Yuslih Ihza

belitongekspres.co.id, MANGGAR – Bupati Beltim Yuslih Ihza berjanji segera membentuk satuan tugas (satgas) penanggulangan bencana Kabupaten Beltim. Menurutnya selama ini, tanpa satgas seringkali pembagian tugas dan tanggungjawab tidak jelas.

“Kita akan segera membentuk satgas dari berbagai unsur. Agar lebih jelas, apa dan siapa, memgerjakan apa, berbuat apa dan menjadi tugas siapa. Sehingga tidak tumpang tindih dan tidak saling berharap karena sudah jelas tugas-tugas telah dibagi,” ujar Yuslih seusai memimpin rapat koordinasi bersama Forkopimda dan OPD, Kamis (16/1/2020).

Yuslih menginginkan satgas bekerja lebih efektif dan terkoordinir dalam penanganan bencana ke depan. Satu hal yang terpenting menurut Yuslih adalah adanya anggaran satgas agar penanganan bencana bisa secepatnya teratasi.

“Anggaran itu, sepengetahuan saya semisal rumah sakit kemungkinan ada (anggaran) dan dinas terkait seperti dinsos pasti ada,” kata Yuslih.

Namun demikian, Yuslih juga mempertimbangkan pengajuan anggaran melalui APBD Perubahan. Hal ini masih perlu dibicarakan lebih lanjut dengan melibatkan TAPD.

“Kalau masuk dalam anggaran perubahan jelas tidak ada anggaran tapi kalau akan dianggarkan tersendiri nanti akan kita bicarakan dengan TAPD. itu kan tim yang diketuai pak Sekda,” jelas Yuslih.

Selain TAPD, anggaran hanya bisa disetujui apabila pihak legislatif menyetujui. Cara lain yang dimungkinkan adalah menempatkan anggaran melalui masing-masing OPD yang dapat dipergunakan ketika terjadi bencana.