Bupati Berharap Perda Tibum Disahkan

by -

MANGGAR – Bupati Belitung Timur (Beltim), Basuri T Purnama, sangat mengharapakan jika Perda Ketertiban Umum (Tibum) akan disahkan oleh DPRD Beltim pada tahun 2015 ini. Perda Tibum yang kiranya sudah 4 kali diajukan dan dibahas namun belum juga di sahkan oleh anggota dewan kabupaten Beltim.

Harapan tersebut dikatakan Bupati pada saat kegiatan rapat paripurna III masa persidangan ke I tahun 2015, tentang Jawaban Bupati Beltim terhadap pemandangan umum fraksi fraksi DPRD Beltim di ruang rapat DPRD Beltim, Senin (23/2) kemarin.

“Atas nama Pemda Beltim, Saya sangat mengharapkan akan disahkannya Perda Tibum ini, karena ini (Perda, red) untuk melengkapi fase kita yang hilang. Dan kami berjanji dengan adanya perda Tibum nantinya akan bisa membereskan masalah masalah yang ada dimasyarakat kita. Karena itu Perda Tibum ini bisa disahkan, dan ini merupakan fase terakhir kita untuk menertibkan cafe-cafe yang tidak sesuai dan membuat tatanan di dalam ketertiban masyarakat kita terganggu,” sebut Bupati kemarin Senin (23/2) menjelaskan.

Bupati menambahkan pada jawabannya kemarin atas pernyataan fraksi PBB yang menyatakan dan mendukung akan adanya perda Tibum ini. Berdasarkan pengawasan atau monitoring yang dilakukan Satpol PP dengan SKPD terkait, pemilik tempat hiburan tersebut hanya memiliki Izin Gangguan (HO), Surat Izin Tempat Usaha (SITU), dan ada beberapa tempat hiburan yang tidak memiliki Surat Izin Usaha Kepariwisataan (SIUK).

Menurut Basuri, sejauh ini memang sudah dilakukan sosialisasi dengan SKPD terkait agar pemilik tempat usaha tersebut untuk melengkapi segala perizinan.  Kelengkapan perizinan tersebut sesuai dengan peraturan daerah nomor 8 tahun 2007 tentang penyelenggaraan pembinaan usaha kepariwiasataan, dan Perbup Beltim nomor 50 tahun 2009 tentang cara penyelenggaraan izin usaha kepariwisataan.

Sementara itu, anggota fraksi PBB DPRD Beltim, Sayuti menyampaikan Perda tibum yang sudah 4 kali dibahas dan diajukan ini sebelumnya memang masih terkendala tidak adanya data penyampaian aturan dan perizinan berdirinya cafe-cafe yang dimaksud sampai ke DPRD Beltim. Namun demikian fraksi ini akan menyetujui dengan dasar bila ada data-data yang diserahkan ke DPRD Beltim, terkait masalah perizinan dan lainnya.

“Jika memang benar berdasarkan aturan seperti ini, dan yang sudah kita sampaikan diatas, oke kita sepakat dan akan kita sahkan Perda tentang Tibum,”kata Uting Sapaan akrab Sayuti. (feb)