Bupati Beri Hadiah Bagi Tiga Anak Berbakti

RajaBackLink.com

belitongekspres.co.id, MANGGAR – Sekitar 800 orang lanjut usia (Lansia) dari seluruh Kecamatan se Kabupaten Beltim menghadiri peringatan hari lanjut usia nasional ke-23 tahun 2019 tingkat Kabupaten Beltim. Peringatan hari lanjut usia ditandai jalan sehat dan senam lansia di GOR Dispora Kecamatan Damar, Rabu (17/7) kemarin.

Mengusung tema lanjut usia mandiri sejahtera dan bermartabat, peringatan hari lansia diharapkan bisa meningkatkan kepedulian masyarakat kepada lansia.

Bupati Belitung Timur, Yuslih Ihza ditemui usai membuka kegiatan menyampaikan bahwa selama ini Pemerintah daerah sudah cukup peduli dengan keberadaan lansia. Salah satunya melalui Dinas Sosial dengan bantuan beras maupun BPJS kepada lansia.

Baca Juga:  DPRD Beltim Desak APBD Provinsi Segera Dieksekusi

“Selain itu mengisi hari-harinya lansia juga ada yang membantu menjadi guru ngaji di TPA,” ujar Yuslih.

Dalam kegiatan tersebut Yuslih juga memberikan hadiah sebagai bentuk apresiasi telah merawat orang tua lansia kepada tiga orang anak yang dianggap berbakti.

“Ketiga orang tersebut sebagi contoh karena telah berbakti dan mengurus orang tuanya. Ini kami harapkan bisa menjadi contoh bagi yang lainnya. Maaf ini ya, soalnya masih ada anak yang kurang peduli kepada orang tuanya. Kami juga berharap lansia ini sehat dan bermartabat,” ujar Yuslih.

Sementara itu, Ketua Komda Lansia Kabupaten Beltim yang juga Wakil Bupati Beltim Burhanudin menyatakan urusan lansia sama dengan urusan anak yang perlu perhatian pemerintah.

Baca Juga:  Pantau Harga Sembako, Serda Asran Rutin ke Pasar

“Artinya soal masalah jaminan sosial kesehatan mereka pemerintah harus membantu memperhatikan. Jangan sampai ada orang tua tidak memiliki kartu kesehatan atau BPJS,” ujar Wabup yang akrab disapa Aan tersebut.

Selain itu, Aan menyampaikan saat ini masih ada lansia yang belum memiliki rumah layak huni. Oleh karenanya Komda juga meminta kepada Dinas Sosial untuk mengkoordinasikan, melakukan pendataan dan memverifikasi dengan dinas pemukiman perumahan rakyat.

“Sehingga bantuan kepada lansia itu benar-benar diberikan secara tepat guna, itu untuk lansia yang tidak mampu dan perlu diperhatikan,” ujar Aan.***

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply