Bupati Cek Persiapan SKPD Jalankan Roda Pemerintahan

by -
belitung-edisi-10-januari-2017-2
Bupati Belitung saat sidak di Kantor Diskominfo Belitung, Senin (9/1) siang kemarin. Foto : Iwan BE

TANJUNGPANDAN-Bupati Belitung Sahani Saleh mengecek langsung persiapan sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk menjalankan roda pemerintahan di tahun 2017. Salah satu Instansi yang dijumpai orang nomor satu di Kabupaten Belitung ini yaitu Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo). Pasalnya SKPD ini baru saja terbentuk ini masih dalam masa transisi. Sebab, sebelumnya Diskominfo dibawah naungan Dinas Perhubungan Kabupaten Belitung, dan sekarang menempati eks. Distamben

“Taget kita bulan Januari ini seluruh kantor-kantor yang baru ini sudah terisi. Jadi bulan Februari mendatang sudah mulai menjalan program-program yang sudah dibuat dan tidak ada lagi yang baru SKPD yang mau memindahkan berkas dan lainnya,” katanya kepada Belitong Ekspres, Senin (9/1) di Diskominfo Jalan Jend. Sudirman.

Diungkapkan pria yang akrab disapa Sanem itu, dari beberapa instansi yang sempat dikunjungi, ternyata mengalami kekurangan Sumber Daya Manusia (SDM), salah satunya di Kantor Dinas Pekerjaan Umum. Sebab, sebagain besar pegawai sudah memasuki masa pensiun. Namun dalam hal ini Pemda menunggu surat pengajuan daari Kepala SKPD untuk penambahan tenaga kerja

“Berdasarkan aturan sekarang tenaga honor itu sudah tidak ada lagi. Tetapi untuk tenaga kontrak kemungkinan saja terjadi kedepannya. Lantas kita akan mengoptimalkan tenaga yang ada, dan itu sesuai dengan sistem reformasi birokrasi yang digagas oleh Pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Diskominfo Adnizar mengatakan kemungkinan dalam waktu dekat pihaknya akan bertempat di Kantor Unit Layanan dan Pengadaan. Pasalnya, server jaringan layanan informatika sudah terbangun dan ternanam di kantor unit tersebut.

“Kalau di sana kita tinggal melanjutkan dan tidak perlu lagi memindahkan serta membangun jaringan baru. Sebab tugas kita inikan salah satunya mengikuti perkembangan teknologi, di lingkungan masyarakat dan memperkuat sistem yang sudah terbangun di beberapa SKPD,” ujarnya.

Kata Adnizar terbentuknya Diskominfo ini, juga untuk membantu masyarakat dalam menjangakau jaringan internet. Terutama di sejumlah tempat tujuan wisata, seperti di Hkm Juru Seberang, Tanjung Kelayang dan berbagai tempat lainnya. Supaya masyarakat tidak perlu lagi memikirkan kekurangan jaringan dan lainnya.

“Rencana kita juga ingin membangun jaringan di setiap Kantor Desa, supaya aktivitas mereka terpantau secara langsung. Untuk kapannya kita belum bisa memastikan, tetapi rencana itu sudah ada. Sebab kita ini kan ibaratnya bayi yang baru lahir masa iya sudah harus disuruh berlari kencang,” guraunya.

(mg2)