Bupati Instruksikan Stop BAB Sembarangan

by -

*Untuk Memperkuat Upaya Prilaku hidup Bersih dan Sehat

MANGGAR-Untuk mengimplementasikan Peraturan Menteri Kesehatan RI No. 3 Tahun2014 tentang Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung Timur (Beltim) melalui Instruksi Bupati Beltim, Basuri T Purnama untuk melakukan Stop Buang Air Besar (BAB) Sembarangan  kepada masyarakat.
Instruksi Bupati tersebut pun dikeluarkan sesuai dengan Surat Instruksi nomor 1 tahun 2015 tentang Stop BAB sembarangan di Beltim.

Kepala Bagian Hukum Setda Beltim, Amrullah melalui Stafnya, membenarkan adanya surat instruksi yang dikeluarkan melalui Dinkes Beltim tersebut. Kata dia, instruksi itu dalam rangka memperkuat upaya prilaku hidup bersih dan sehat, serta mencegah penyebaran penyakit yang berbasis lingkungan.

“Instruksi tersebut akan diberikan kepada SKPD se Beltim, Kepala UPTD Puskesmas se Beltim dan Kepala Desa se Beltim,” terangnya Jumat (17/4) pekan lalu.

Menurutnya, pendekatan langsung kepada masyarakat terkait dengan kondisi lingkungan dan bagaimana kebiasaan perilaku sehari-hari mengenai BAB sangat penting. Termasuk perlunya memberikan pemahaman dan informasi sesuai kondisi lingkungan.

Setelah adanya instruksi ini sangat diharapkan masyarakat di Kabupaten Beltim bisa menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) terutama perubahan kebiasaan BAB sembarangan. Bilamana lingkungan sehat dan bebas dari kotaran seperti tinja, maka masyarakat Beltim akan dapat mencegah menurunnya angka kejadian penyakit diare dan penyakit lainnya yang berhubungan dengan air dan sanitasi.

Program STBM dinilai sangat tepat dan baik dengan pendekatan untuk merubah perilaku hygiene dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat dengan metode pemicuan.

“Sedangkan, Prinsip STBM merupakan memperdayakan sanitasi total yang dipimpin masyarakat untuk mengenal atau mempelajari kondisi yang ada di lingkungan masyarakat. Dimulai dari analisa suatu permasalaan, merencanakan, melaksanakan kegiatan, melakukan pemantauan dan pengawasan serta melaksanakan pemeliharaan sarana dan perilaku hidup sehat dan bersih,” tutup Amrullah. (feb)