Bupati lantik 9 Anggota BPSK Beltim

by -

*Diharapkan Mampu  Menyelesaikan Sengketa Konsumen di Luar Pengadilan

foto A

Bupati Beltim, Basuri T Purnama, saat melantik dan mengambil sumpah 9 orang anggota BPSK Kabupaten Beltim,  Jumat (27/3) di ruang rapat SHBN Lantai Dasar Kantor Bupati Beltim.

MANGGAR – Bupati Belitung Timur (Beltim) Basuri T Purnama melantik dan mengambil sumpah sembilan orang anggota Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Kabupaten Beltim, masa bakti 2015-2020, Jumat (27/3) kemarin di ruang pertemuan Satu Hati Bangun Negeri (SHBN) Lantai Dasar Kantor Bupati Beltim.

Pelantikan ini berdasarkan keputusan Presiden RI nomor 22 tahun 2013 tentang pembentukan BPSK dan Peraturan Bupati Beltim nomor 30 tahun 2013, tentang peyelenggaran BPSK serta Keputusan Menteri Perdagangan RI nomor 104/M-dag/F/Sek/2/2015 tertanggal 18 Februari 2015, tentang pengangkatan keanggotaan BPSK Kabupaten Beltim.

Bupati Beltim, Basuri T Purnama  berharap setelah dilantik anggota BPSK Beltim ini, bisa bekerja keras dalam melaksanakan tugasnya dan mampu mewujudkan pelayanan kepada masyarakat dengan baik.

“Banyak sebenarnya yang akan dilaksanakan nantinya, salah satunya harus bisa mempertahankan karya anak bangsa. Saya yakin dan percaya kepada mereka yang baru dilantik akan bisa melaksanakan tugas-tugasnya dengan baik dan mampu memberikan pelayanan serta kepentingan kesemua pihak,” harap Basuri.

Sementara itu Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Kopersi (Disperindagkop) Kabupaten Beltim, Sahrial mengatakan BPSK adalah suatu lembaga non struktural yang berkedudukan di Kabupaten/Kota. BPSK mempunyai fungsi menyelesaikan sengketa konsumen di luar pengadilan dengan keanggotaannya berjumlah sembila orang. Keanggotaan tersebut memiliki komposisi mewakili tiga unsur, yakni, unsur pemerintahan tiga orang, unsur Konsumen tiga orang dan unsur pelaku usaha juga tiga orang.

“Sedangkan maksud dan tujuan dibentuknya BPSK di Kabupaten Beltim ini, adalah untuk mempermudah, mempercepat dan memberikan suatu jaminan kepastian hukum bagi konsumen untuk menuntut haknya selaku konsumen atau pembeli,” jelas Sahrial sembari mengucapkan selamat bertugas kepada sembilan orang anggota BPSK Beltim yang dilantik.(feb)