Bupati Launching Pengelolaan Aset Toilet dan BIN Sampah

by -
Bupati Belitung Sahani Saleh launching pengelolaan aset toilet dan BIN sampah ditandai dengan peguntingan pita, Jumat (17/5) kemarin.
Bupati Belitung Sahani Saleh launching pengelolaan aset toilet dan BIN sampah ditandai dengan peguntingan pita, Jumat (17/5) kemarin.
Bupati Belitung Sahani Saleh launching pengelolaan aset toilet dan BIN sampah ditandai dengan peguntingan pita, Jumat (17/5).
Bupati Belitung Sahani Saleh launching pengelolaan aset toilet dan BIN sampah ditandai dengan peguntingan pita, Jumat (17/5).

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Bupati Belitung Sahani Saleh me-launching pengelolaan aset toilet dan BIN sampah. Kegiatan ini dilaksanakan di kawasan Pantai Tanjungpendam (17/05) kemarin. Hadir Wakil Bupati Belitung, Isyak Meirobie, Plt Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Belitung Edi Usdianto, Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Belitung Ubaidilah, serta beberapa undangan lainnnya.

Bupati Belitung, Sahani Saleh mengatakan, pembangunan aset ini merupakan bantuan dan dukungan dari pemerintah pusat. Toliet itu awalnya dikelola DLH, kini diserahkan kepada Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung untuk pengelolaan kedepannya.

“Tentunya penambahan fasilitas ini akan memberikan kemudahan bagi masyarakat, khususnya bagi para wisatawan yang berkunjung. Mengingat kawasan wisata, salah satunya Pantai Tanjung Pendam ini,” kata Sahani.

Dia menerangkan, seiring berjalannya waktu, Belitung semakin berkembang dan selalu menjadi sorotan publik luas. Pembangunan Pariwisata Belitung saat ini juga terus menggeliat dengan dilaksanakannya berbagai upaya pembaharuan dan perbaikan di berbagai sektor prioritas daerah.

Oleh karenanya, dirinya pun mengingatkan masyarakat untuk terus menanamkan kesadaran agar dapat menjaga dan merawat fasilitas yang ada dengan sebaik-baiknya. Apalagi Toilet yang di bangun ini cukup representatif.

“Karena tentunya tidak akan ada artinya segala pemenuhan sarana dan prasarana yang diberikan, tanpa adanya dukungan dan kesadaran masyarakat untuk ikut berpartisipasi,” pungkas Bupati.

Sementara itu Plt DLH Kabupaten Belitung Edi Usdianto mengatakan, ada 4 toilet representatif yang terletak 2 unit di kawasan Pantai Tanjungpendam, 1 unit di Tanjung Binga serta 1 unit di HKM Seberang Bersatu.

Selain itu, juga ada aset lain yaitu 53 buah Bin Sampah pendukung sektor pariwisata. Terdiri dari 13 buah di Tanjungpendam, 4 buah di Tanjung Kelayang, 10 buah di HKM Seberang, 2 buah di terminal dan 24 buah di kantor/instansi, serta motor 3 roda sebanyak 2 unit.

Bantuan aset tersebut dari Satker Pengembangan penyehatan lingkungan pemukiman strategis kementrian PUPR. “Mudah-mudahan toilet dan bin sampah ini dapat dipergunakan sebagaimana mestinya, serta dapat dijaga dan dirawat dengan baik. Karena kebersihan adalah pangkal dari kesehatan dan merupakan modal utama yang harus kita galakkan dalam upaya mengembangkan sektor pariwisata,” katanya. (dod)