Bupati Manfaatkan Momen Bertemu 3 Menteri

OYO 399 Kelayang Beach Hotel

*Ada 4 Bidang Utama, Kini Siapkan Perda untuk Landasan Hukum

TANJUNGPANDAN-Pemerintah Kabupaten Belitung nampaknya akan benar-benar memanfaatkan momen kedatangan tiga menteri saat berkunjung ke Belitung. Meski jadwal kedatangan menteri perhubungan, pariewisata dan kemaritiman itu masih beberapa bulan ke depan, namun hingga kini pemkab terus mempersiapkan secara matang.
Sejumlah pekerjaan penting kini sedang disiapkan oleh pemkab. Di antaranya mengenai empat raperda yakni,  pendirian badan usaha pelabuhan (BUP) PT Pelabuhan Tanjung Batu, pembentukan produk hukum daerah, izin gagguan serta Raperda bangunan gedung. Empat raperda ini rencananya juga akan disampaikan oleh Bupati Belitung pada rapat paripurna I masa persidangan ke-II DPRD Belitung.
Bupati Belitung Sahani Saleh kepada Belitong Ekspres,  Senin (9/2) siang kemarin mengatakan, peningkatan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Belitung dapat tumbuh dengan baik karena adanya peningkatan pertumbuhan perekonomian daerah.  “Terutama sekali pada sektor kegiatan ekonomi di bidang transportasi laut dan sektor pelabuhan,” kata Bupati yang akrab disapa Sanem usai rapat paripurna di Kantor DPRD Belitung, kemarin.
Sanem mengakui, pintu gerbang di Belitung selama ini belum terbuka lebar. Baik melalui jalur bandara maupun pelabuhan. Karena itu, pelabuhan Tanjung Batu dan sektor perhubungan akan menjadi prioritas utama dalam pembahasan raperda tersebut. “Jika pintu gerbang terbuka lebar, semua hal yang berkaitan dengan investasi di Belitung akan lebih mudah,” ucapnya.
Menurut Sanem, tujuan utama pembentukan badan usaha milik daerah (BUMD) yang berbentuk PT, agar lebih kompetitif. Selain itu, adanya PT diharapkan akan memberdayagunakan partisipasi masyarakat untuk turut serta berinvestasi di daerah dengan tujuan yang jelas. “Insya Allah, bulan Maret 2015 mendatang, Pak Menteri segera me-launchingkan operasional Pelabuhan Tanjung Batu. Dan peralihan bandara Belitung menjadi bandara Internasional juga segera akan disahkan,” katanya.
Sanem kembali menjelaskan, sesuai kesepakatan antara dirinya sebagai pihak eksekutif dengan legislatif Belitung, agar lebih memfokuskan pada permasalahan Perda BUP Pelabuhan Tanjung Batu. “Ketika Pak Menteri datang ke Belitung, tidak ada lagi hal-hal atau kendala terjadi. Maka dari itu, kami dengan kawan-kawan DPRD akan mengupayakan itu (tak ada kendala,Red) semaksimal mungkin,” ujarnya.
Dia menambahkan, saat ini dirinya selaku Bupati sudah menulis surat ke gubernur. Lantas, Gubernur menulis surat ke presiden melalui menteri. Dan surat itu sekarang sedang diproses. “Jadi, rencananya tanggal 13-14 Maret 2015 jika tidak ada halangan, Pak Menteri di jadwalkan datang langsung ke Belitung,” terangnya.
Sementara itu, berdasarkan pantauan Belitong Ekspres Senin (9/2) sore kemarin Bupati bersama kepala SKPD menggelar rapat tertutup di ruang Rapat Bupati. Kabarnya rapat membahas persiapan dan pemantapan perencanaan pembangunan daerah yang akan dipaparkan langsung di hadapan tiga menteri. Yaitu menteri perhubungan, menteri pariwisata dan menteri kemaritiman.(mg2)

banner 1200x200

Baca Juga:  Cegah Gangguan Kamtibmas, Polsek Badau Gelar Patroli Rutin
Tags:
author

Author: