Bupati Minta Warga dan PT Komunikasi

OYO 399 Kelayang Beach Hotel

TANJUNGPANDAN-Masih adanya saling perbedaan pendapat mengenai rencana investasi pembukaan lahan perkebunan sawit oleh PT Pratama Unggul Sejahtera (PUS) di Dusun Mempiu, Desa Cerucuk Kecamatan Badau membuat Bupati Belitung Sahani Saleh angkat bicara. Intinya, Bupati meminta masyarakat bias berpikir lebih luas dan lebih intensif melakukan komunikasi dengan calon investor.
Sanem sapaan akrab Bupati Belitung itu menegaskan, persoalan urusan cabut mencabut izin PT PUS harus sesuai prosedur yang jelas. Sebab, tidak menutup kemungkinan, ketika dilakukan pencabutan akan di PTUN-kan. “Jadi, kita juga bisa melihat dari segi mana perusahaan itu tidak memenuhi izin lokasi. Jangan sampai kita mencabut itu (Izin PT PUS,red), lantas kita di PTUN-kan orang,” tegas Sanem kepada BE, lalu.
Sanem mengakui, kemungkinan pihak PT PUS perlu melakukan upaya sosialisasi lagi kepada masyarakat setempat. “Bagi masyarakat yang memang belum memahami benar hal itu. Akhirnya masyarakat demonstrasi,” ungkapnya.
Dasar utama untuk memperoleh lahan tersebut, kata Sanem, harus ada sosialisasi yang matang. Selain itu, perusahaan juga seharusnya mengikuti segala ketentuan yang telah diatur di dalam perizinan tersebut. “Selama ini lahan PT PUS, kita (Pemerintah Daerah Belitung,red) sudah atur prosedur di dalamnya,” terang Sanem.
Sanem menjelaskan, pada saat status lahan tersebut belum claer. Artinya itu belum bisa melakukan aktivitas apapun di dalamnya. “Sebab, proses izin lokasi ketika diajukan, harus dipastikan dulu. Apakah semuanya sudah beres atau belum. Dan jika sudah, barulah mereka mengajukan izin untuk mendapatkan usaha perkebunan,” papar Sanem.
Setelah itu, lanjut Sanem, perusahaan akan dibebankan oleh negara untuk membayar kewajiban penegakan kayu. Barulah pemerintah daerah bisa mengeluarkan izin usaha perkebunan. “Dan selanjutnya mereka (PT PUS,red) baru bisa melakukann kegiatan atau aktivitas dilahan yang sudah mereka peroleh,” kata Sanem.(mg2)

Baca Juga:  Danlanud ASH Kukuhkan Gerakan Pramuka Saka Dirgantara 2019

Rate this article!
Tags:
author

Author: