Bupati Nyatakan Belitung Jadi Incaran Investor

by -

TANJUNGPANDAN- Bupati Belitung Sahani Saleh mengatakan seiring dengan perkembangan pembangunan di Belitung, baik dari sektor pariwisata, perhubungan, perikanan maupun sektor-sektor di bidang lainnya, Belitung justru, menjadi incaran bagi para investor asing.
Tak heran, banyak pengusaha dari luar daerah ingin membangun dan mengembangkan sektor pariwisata khususnya hotel-hotel baru di Belitung dengan mengajukan izin. “Kalau berkas dan dokumennya belum lengkap, bagaimana akan bisa,” kata Bupati dalam rapat persiapan menyambut kedatangan empat Menteri ke Belitung,  Senin (9/3) kemarin, di ruang rapat Bupati.
Sektor-sektor lainnya, di bidang pertanian dan kehutanan. Terutama masalah ketahanan pangan, MoU-nya (nota kesepahaman-nya,red) sudah beres. “Ini terkait masalah beras. Berapa lahan yang harus kita siapkan. Sebab, produksi beras yang kita konsumsi dalam pertahunnya hanya bisa bertahan 28 hari,” kata Bupati.
Karena itu, rencana kedatangan empat menteri ke Belitung salah satu agendanya juga melihat bagaimana cara melakukan pemupukan padi, dan menggunakan pestisida. “Nantinya tim dari ITB akan membantu memberikan pupuk petrokimia buat petani kita di Belitung,” ujarnya.
Di sisi lain juga, peningkatan status Bandara Hanandjoedin Belitung menjadi bandara internasional, masterplannya telah disetujui oleh pemerintah pusat. “Jadi, tinggal menunggu kelengkapan dokumennya saja untuk segera dikumpulkan dan kemudian diserahkan langsung ke Kementerian,” tukasnya. (mg2