bupati Optimis Wujudkan Kedaulatan Pangan

by -

SUNGAILIAT – Bupati Bangka Tarmizi H Saat, Kamis (29/10) kemarin meninjau mesin giling padi bantuan dari APBN 2015 di areal persawahan Banyu Asin, Kecamatan Riau Silip. Dirinya mengharapkan dengan adanya mesin giling untuk masyarakat Banyu Asin dan sekitarnya, bisa mempermudah masyarakat dalam menggiling padinya sehingga bisa meningkatkan produktivitas hasil tani.
“Semoga bermanfaat dan terus dijaga sehingga awet dan dapat membantu masyarakat dalam meningkatkan produktivitas tani,” katanya di sela-sela peninjauan.
Dikatakannya, dengan mesin giling padi yang bagus, dapat membantu produktivitas yang tinggi, setidaknya bisa membantu meningkatkan kuantitas hasil tani. Tarmizi juga optimis, peningkatan produktivitas hasil tani bisa membantu mewujudkan pertanian yang tangguh yang merupakan salah satu visi misi dan mewujudkan kedaulatan pangan di Bangka.
“Kita berikan reward nanti, jika produktivitas para petani yang tergabung dalam kelompok tani dan gapoktan jika berhasil meningkatkan kuantitas dan kualitas hasil taninya,” katanya.
Dalam kunjungan tersebut, Bupati bersama Kapolres Bangka AKPB Sekar Maulana, perwakilan Kejari Sungailiat, Danramil, dan lainnya melakukan tanam padi perdana untuk musim tanam kedua tahun 2015 di areal persawahan Desa Banyu Asin.
Pelaksanaan tanam padi perdana ini merupakan salah satu upaya mewujudkan visi misi Kabupaten Bangka yakni pertanian yang tangguh. Dengan musim penghujan yang mulai datang, diharapkan dapat membantu para petani dalam bercocok tanam. “Ini langkah nyata kita dalam mewujudkan kedaulatan pangan, semoga masyarakat terus bertani dan menggalakkan sektor pertanian untuk mewujudkan kedaulatan pangan di Bangka,” ungkapnya.
Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Distannak), Kemas Arfani Rahman mengungkapkan jenis padi yang ditanam adalah Ciherang dan dilakukan penanaman seluar 35 hektar. “Kita terus dorong, dan bantu untuk penanaman padi ini, selain mewujudkan kedaulatan pangan, juga untuk meningkatkan produktivitas sektor pertanian,” kata Kemas.
Dikatakannya lebih lanjut, untuk mendukung sektor pertanian ini juga, Pemkab Kabupaten Distannak telah memberikan dan menyerahkan bantuan display dan penyerahan alat mesin pertanian untuk membantu para petani dalam bercocok tanam. “Kita bagikan handtraktor, dan juga alat mesin lainnya untuk dimanfaatkan para petani, sehingga bisa meningkatkan produktivitas hasil tani, kita bagikan kepada kelompok tani dan gapoktan juga kemarin” tukasnya.(rel/rb)