Bupati: Pelabuhan Milik Pemerintah

by -

TANJUNGPANDAN- Bupati Belitung yang akrab disapa Sanem mengatakan, dana pembangunan pelabuhan Tanjungbatu murni bersumber dari dana APBD. Selain itu, pembangunan pelabuhan juga merupakan proses awal di Kabupaten Belitung.
“Itu (sumber dananya,red) murni dari APBD Kabupaten Belitung. Setelah kita adakan nota kesepahaman (MoU) dengan pihak perusahaan. Langsung dibantu Provinsi dan di sambut oleh Pusat,” terangnya.
Sanem menyebut, posisi antara pemerintah Kabupaten dengan pemerintah pusat sekarang ini adalah sebagai pemegang saham. “PT Pelindo ini kan BUMN. Jadi, tidak akan ada resistensi apapun. Sebab, kita dari segi pangsa pasarnya akan beda-beda nanti,” katanya.
Ditanya bagaimana soal kesiapan teknis sejauh ini? Sanem mengatakan semuanya sudah siap. Bahkan, dari perusahaan swasta pun sudah menyatakan kesiapannya.  “Jadi, kita fokusnya sekarang adalah untuk mengembangkan kawasan industri. Jadi, kalau kawasan industri ini tidak ada pelabuhannya, bagaimana akan maju,” paparnya.
Yang paling utama, kata Sanem adalah pintu gerbang pelabuhan masuk. Sebab, jika pelabuhan sudah dioperasionalkan, mereka para investor akan segera berinvestasi di lahan kawasan industri dengan lahan ribuan hektar yang telah di siapkan.
“Kuncinya sekarang di pelabuhan. Kalau pelabuhan sudah beroperasi, kemudian listrik juga sudah siap, maka investasi di bidang industri ini pasti akan maju. Sebab itu yang menjadi penunjang kelancaran bagi kawasan industri,” jelasnya.
Dia menambahkan, termasuk pembangunan depo BBM sudah diajukan ke Pemerintah pusat. Kalau pelabuhan sudah beroperasi,Pertamina juga akan siap membangun depo.
“Intinya, sekali lagi kalau pelabuhan sudah beroperasional, semuanya akan berjalan dengan lancar,” pungkasnya.(mg2)