Bupati Pesisir Selatan Belajar ke Belitung

OYO 399 Kelayang Beach Hotel

*Soal Produk Hukum Pariwisata

foto A- bupati pesisir selatan

Foto A: humas for be
KENANG-KENANGAN: Bupati Sahani Saleh memberikan cinderamata kepada Bupati Kabupaten Pesisir Selatan Nasrul Abid (kanan)

TANJUNGPANDAN – Bupati Kabupaten Pesisir Selatan Nasrul Abid membawa rombongan kepala dinas beserta ibu PKK ke Belitung, Senin (16/2) kemarin. Meskipun secara kunjungan wisata jauh di atas Belitung, rupanya mereka ingin mempelajari aturan yang menunjang pariwisata. Sejauh ini kabupaten di Provinsi Sumatera Barat ini mendapat kunjungan 1,5 juta wisatawan nusantara setahun.
“Kami dari segala kunjungan memang membludak. Tapi kami belum punya aturan yang mengatur tentang itu,” kata Nasrul, di rumah adat Belitong.

Baca Juga:  Beliadi Tegaskan Pelaku Pengrusakan Mobdin Wagub Segera Diproses Secara Hukum

Menurutnya Belitung merupakan salah satu yang baru mengorbit di dunia pariwisata, tapi sudah ada produk hukum yang melindungi dari kegiatan pariwisata. “Payung hukum dalam rangka mengambil retribusi. Pariwisata inilah yang paling cepat, penghasilannya jauh lebih besar,” ujarnya.
Seperti diketahui, kabupaten ini sama dengan Belitung fokus kepada dunia pariwisata. Sebelumnya mereka fokus untuk mengentaskan kemiskinan, jadi produk hukum untuk pariwisata kurang.

Baca Juga:  BUMD Akan Datangkan 10 Ton Daging Sapi Beku

Sementara Bupati Belitung Sahani Saleh (Sanem) langsung memerintahkan beberapa kepala dinas untuk saling bertemu dan berdiskusi. “Bagian hukum, Bappeda, Dinas Pariwisata silahkan bertukar pikiran dengan mereka,” kata Sanem.
Berdasarkan pantauan Belitong Ekspres, pembicaraan mengenai produk hukum dipisah dalam beberapa kelompok diskusi. Car ini diakui menarik, selain tidak bosan dan lebih akrab satu sama lain. (ade)

Tags:
author

Author: