Bupati se-Babel Didesak Keluarkan Perbup APBDes

by -

PANGKALPINANG – Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) menyarankan kepada seluruh Bupati di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) agar menerbitkan Peraturan Bupati (Perbup) tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes).
Hal ini dikatakan anggota Komisi III DPRD Babel Dolar kepada wartawan ketika dikonfirmasi, Selasa (14/4) kemarin, dalam hasil rapat dengar pendapat Komisi III DPRD dengan  LKPP di Jakarta. “Diharapkan Bupati sebaiknya mengeluarkan Perbup, dimana Juklak dan Juknis disesuaikan dengan kondisi daerah masing-masing,” terangnya.
“Agar para kepala desa se-Bangka Belitung, mudah dalam pelaksanaan dan pelaporan APBDes. Karena jika tidak ada Perbup, maka pelaksanaan APBDes akan mengikuti Prosedur Perpres 54 tentang Pedoman Penggadaan Barang/Jasa Pemerintah, dimana prosesnya harus  akan sangat memberatkan para Kepala Desa sebabel,” tambah Dolar.
Dolar juga mengatakan, didalam PP nomor 43 tahun 2014 pasal 105 tentang Peraturan Pelaksanaan UU nomor 6 tahun 2014 tentang Desa beserta Perpres nomor 4 Tahun 2015 pasal 129 ayat 6 dan juga Peraturan Kepala LKPP nomor 13 Tahun 2013, Bupati dapat mengeluarkan Perbup untuk APBDes, agar pada tahun 2015 seluruh Kepala Desa dapat menggunakan APBDes tanpa ada kendala di daerah masing-masing.
“Kita berharap para Bupati se-Babel cepat tanggap dengan masalah ini, karena dengan adanya undang-undang desa, maka setiap desa diseluruh Babel akan Kecipratan dana dari Pemerintah hingga Rp1,4 miliar,” ujar politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu.
Dolar juga berharap, agar program APBDes terlaksana dengan baik ditahun 2015 ini tanpa adanya kendala, terutama program infrastruktur yang sangat prioritas yang ada di Desa tersebut. Ia pun berharap, para Kades dapat memahami peraturan-peraturan yang berlaku saat ini.
“Saat reses DPRD kermarin banyak sekali masukan dari para aparatur Desa, agar DPRD Babel dapat menjembatani masalah ini agar tidak membingungkan permasalahan administrasi pengunaan APBDes,” ungkap Dolar.(iam)