Bupati Serahkan Bantuan Korban Angin Puting Beliung

by -
beltim-edisi-21-maret-2017-pemkab
Bupati Beltim menyerahkan bantuan seng kepada salah seorang korban puting beliung Aizu, Senin (20/3) kemarin.

GANTUNG – Bupati Belitung Timur (Beltim), Yuslih Ihza menyerahkan bantuan 100 keping seng kepada lima korban yang terkena angin puting beliung di Jalan Tanjung Mudong Desa Gantung Kecamatan Gantung, Senin (20/3) kemarin.

Penyerahan bantuan tersebut didampingi Plt. Sekretaris Daerah Evi Nardi, Kepala Kantor Kesbangpol Yusmawandi, Camat Gantung Khairil Anwar, Kepala Desa Gantung Siswadi Usman.

“Untuk bantuan lainnya seperti kayu, semen dan bantuan material lainnya nanti dari pihak Kecamatan, Desa, serta Polsek Gantung atau Babinkhabtibmas akan berkoordinasi. Sedangkan bantuan perbaikan akan dilakukan oleh Tagana Beltim,” ungkap Yuslih, kepada Belitong Ekspres.

Yuslih menyatakan Pemkab Beltim juga siap membantu relokasi rumah warga yang terdampak jika dibutuhkan. Hal itu dilakukan mengingat tak jauh di lokasi pemukiman itu yang pernah mengalami musibah serupa.

“Ini kalau memang dianggap perlu. Tahun 2014 lalu soalnya tidak jauh dari sini juga pernah kejadian, artinya daerah ini sudah jalurnya angin puting beliung,” sebut Yuslih.

Yuslih berharap bantuan yang diberikan dapat meringankan beban warga yang jadi korban. Ia pun mendoakan keluarga korban dapat diberikan ketabahan dalam menjalani cobaan alam tersebut.

Selain bantuan seng, dalam kesempatan itu Pembina Operasional Tagana Beltim, Jasnandi juga turut memberikan bantuan paket sembako, seragam sekolah, selimut, serta kebutuhan sandang korban bencana. Bantuan itu merupakan paket khusus bagi korban bencana di Kabupaten Beltim.

“Penyaluran bantuan Logistik Pangan Sandang Tanggap Darurat Baperstok Gudang Penanggulangan Bencana ini langsung kita distribusikan. Nanti pasca bencana kita juga akan melakukan pendampingan dan bantuan lain yang diperlukan korban,” terang Jasnandi.

Sementara itu, Kepala Seksi Penanggulangan Bencana Alam dan Sosial Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Beltim itu menyatakan sedang menginventarisasi kebutuhan. Namun Ia mengatakan akan segera mungkin mengupayakan renovasi rumah yang terkena musibah tersebut.

“Secepatnya, begitu semua kebutuhan material sudah ada langsung kita kerjakan. Korban juga sangat proaktif siap cari kekurangan material,” papar Jasnandi.

Sebelumnya, beberapa buah rumah dan tiga warung kopi di seputaran jalan Tanjung Mudong Dusun Gangse Desa Gantung Kecamatan Gantung dihantam angin puting belitung.

Bencana yang disertai hujan deras ini terjadi Minggu, (19/3) kemarin sekitar pukul 15.00 WIB. Bukan hanya itu, Puting Beliung juga menghancurkan beberapa bangunan lain serta pepohonan. Bahkan terdapat atap rumah warga yang terbang hingga menyangkut di pohon besar.(feb/adv)