Bupati Takjub dengan Kreatifitas Anak Belitung

by -

*Pada Malam Penganugrahan Bidang Ekonomi Kreatif

TANJUNGPANDAN-Kertas timah, botol,  koran bekas, bahkan kawat nyamuk bisa dibuat baju. Baju menggunakan barang bekas itu ditampilkan pada acara Malam Penganugrahan Ekonomi Kreatif di Pantai Tanjungpendam, Sabtu (15/8) malam.

Bahkan Bupati Belitung Sahani Saleh (Sanem) beserta Wakil Bupati Belitung Erwandi A Rani takjub melihat baju yang dibuat oleh anak-anak Belitung ini. Sebab, ada juga peserta masih SMP sudah mampu berkreasi dengan membuat desain menarik dan unik. Menurut Sanem penampilan dan karya mereka bagus dan unik serta khas.

“Harapan saya jangan meninggalkan ciri khasa daerah kita. Sehingga ciri khas kita tidak hilang ditelan kreatifitas. Jadi walaupun ada kreasi, mari kita singkronkan dengan budaya kita,” kata Sanem.

Malam itu ia berharap dinas lain juga bisa mengarahkan program ke ekonomi kreatif. Misalnya dengan memanfaatkan kekayaan alam.  “Dinas lainya harus mengarah ke ekonomi kreatif sesuai sektor bidangnya sesuai kekayaan alam kita,” ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Belitung Ir Hermanto mengatakan tak dipungkiri ekonomi kreatif penggerak ekonomi Indonesia. Ekonomi akan bertumpuh pada kreatifitas dan ekonomi kreatif. “Kita di Belitung melalui Dinas Pariwisata mencoba membangkitkan ekonomi kreatif,” kata Hermanto.

Saat ini sudah ada benih ekonomi kreatif yang tumbuh. “Kita berharap ekonomi kreatif tidak terlepas dari penunjang pariwisata di Belitung. Sebenarnya mereka mampu berkreatifitas dengan baik jika diberi ruang gerak,” pungkasnya. (ade)