Bupati Tentukan Hasil Lelang

OYO 399 Kelayang Beach Hotel

*Panitia Seleksi Ajukan Tiga Nama

TANJUNGPANDAN – Panitia seleksi terbuka jabatan di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung menyerahkan tiga nama ke Bupati Belitung untuk mendapatkan sebuah jabatan.

Mekanisme ini sesuai aturan yang berlaku yang tertuang dalam Permenpan nomor 13 tahun 2014, tentang tatacara pengisian pimpinan pejabat tinggi secara terbuka di lingkungan instansi pemerintah.

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kabupaten Belitung Ita Wahyuni mengatakan, seleksi terbuka atau yang tren disebut lelang jabatan ini dilaksanakan demikian. Jadi setelah diserahkan tiga nama, bupati yang akan menentukan sebagai seleksi terakhir.

“Jadi PPK (Bupati, red) yang menentukan mana yang paling kompeten dari tiga orang yang diajukan. Panitia hanya merekomendasikan tiga orang itu,” kata Ita di ruang kerjanya, Kamis (29/1) kemarin.

Baca Juga:  Polsek Membalong Teken MoU Pembinaan dengan 10 Kepala SD

Mekanismennya, semua Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang memenuhi syarat pangkat dan jabatan dibolehkan ikut lelang. Nantinya peserta akan ikut seleksi mulai dari seleksi tertulis. Setelah itu mereka yang memenuhi syarat, tiga orang nilai teratas akan diserahkan ke bupati. Jadi meskipun nilai paling tinggi, belum tentu berhasil.

Saat ini BKPPD sedang melakukan persiapan. Namun entah kapan lelang jabatan ini akan dilaksanakan. Menurut penjelasan Ita, saat ini sedang berkoordinasi dengan tim kompeten. Saat ini BKPPD sedang koordinasi dengan lembaga administasi negara (LAN) di Jakarta.

Baca Juga:  Mantan Danlanud ASH Beri Sosialisasi Binlat TNI AU

“Karena kita bilang siap ternyata merekanya tidak siap, tidak mungkin juga kita katakan kapan,” ujar Ita.

Selain itu pelaksanaan lelang jabatan ini memakan waktu yang lumayan lama. Khusus pengumunan saja memakan waktu hingga dua minggu.

Disisi lain, mutasi PNS di Kabupaten Belitung, Ita juga belum menyebutkan waktunya kapan. Meskipun dikabarkan dalam waktu dekat ini akan ada sejumlah mutasi. Bedanya dengan Belitung, kabupaten tetangga Belitung Timut sudah lebih dulu melakukan mutasi sejumlah pejabat. (ade)

Rate this article!
Tags:
author

Author: