Calon Jemaah Haji Belitung Diminta Bersabar

by -
Insyallah Jumat Masuk 1 Ramadan
Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Belitung H Masdar Nawawi.

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Belitung H. Masdar Nawawi menghimbau agar calon jemaah haji pemberangkatan tahun 2021 tetap sabar dan menunggu kepastian keberangkatan ke Arab Saudi.

“YA kita berharap untuk tetap bersabar menunggu kepastian jemaah haji tahun 1422 hijriah atau 2021 ini, kita berharap mereka bisa diberangkatkan tahun ini,” kata H. Masdar Nawawi kepada Belitong Ekspres, Senin (22/3) kemarin.

Menurut Masdar, keputusan saat ini ada di Pemerintah Arab Saudi, dan Pemerintah Indonesia masih menunggu itu. Saat ini persiapan saat ini sudah dilakukan. Seperti sejumlah 169 calon jemaah haji keberangkatan tahun 2021 sudah dilakukan vaksinasi Covid-19.

“Arahan dari Pemerintah pusat agar calon jemaah haji agar segera divaksinasi Covid-19. Jemaah haji kita sudah disuntik, walaupun masih ada 1 atau 2 orang yang belum, tapi itu akan segera divaksin,” terangnya.

Prinsipnya kata Masdar, Kemenag Belitung tinggal menunggu informasi dari Pusat dan berharap jemaah bisa diberangkatkan pada tahun ini untuk calon jemaah tahun 2020.

“Artinya kita sudah melakukan persiapan, karena perkiraan kita sekitar 13 atau 14 juni sudah siap berangkat jemaah itu pada gelombang pertama,” papar H Masdar.

Masdar tidak menampik, sejauh ini dari sejumlah 169 orang itu sering kali menanyakan nasib keberangkatan mereka.

Namun Masdar tetap menyampaikan saat ini ada 3 skenario, yakni kalau Covid-19 tidak ada lagi maka akan berangkat semua, atau dibarangkatkan separuhnya.

Kemudian kalau Covid-19 masih ada artinya keberangkatan 2021 ditunda semuanya. “Ya selalu itu, jemaah atau keluarganya menanyakan informasi itu,” sebutnya. (dod)