Calon Kada Harus Persiapkan Diri

OYO 399 Kelayang Beach Hotel

MANGGAR – Jika tidak ada aral melintang, tahapan pemilihan daerah Kabupaten Belitung Timur (Beltim) segera dilaksanakan. Berdasarkan rancangan PKPU yang masih dibahas, pendaftaran bakal calon Kepala daerah akan dimulai pada Juli 2015. Artinya, dalam tiga bulan kedepan, calon-calon Kepala daerah harus mempersiapkan diri.

Namun hingga kini, partai politik yang akan mengusung calon kepala daerah belum menunjukkan tanda-tanda pengajuan atau pencalonan. Meski sejumlah partai politik sudah membuka pendaftaran, tetapi kemunculan nama calon masih tertutup.

Komisioner KPUD Beltim, Suro M Siregar mengatakan, pencalonan dapat dilakukan melalui beberapa mekanisme. Antara lain, jalur perseorangan, partai politik dan gabungan partai politik.

“Untuk jalur perseorangan minimal harus memperoleh dukungan 10 persen suara dari total jumlah penduduk, sedangkan partai politik minimal 5 kursi di dewan,” jelas Suro mengutip draf PKPU yang telah diuji publikkan pada tanggal 11 Maret 2015 lalu.

Baca Juga:  Tebat Gadong Manggar Jadi Pemandian Umum, Balai Besar Sungai Bakal Pasang Tanda Peringatan

Pencalonan dari gabungan partai politik, lanjut Suro, dapat dilakukan dengan beberapa partai yang memiliki kursi di dewan atau berdasarkan perolehan suara sah partai politik dalam pemilu legislatif, minimal 25 persen dukungan suara sah.

Sementara itu, Politisi NasDem dalam kapasitas sebagai ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Beltim, Suradiotuwirio menyebut beberapa kriteria calon kepala daerah. Di antaranya, harus merakyat dan mengetahui keinginan masyarakat, mampu menciptakan basis ekonomi masyarakat dan bersedia 24 jam melayani masyarakat.

“Kalau tidak bisa mengubah, apa jadinya masyarakat Beltim kedepan. Sesuai visi misi pembentukan Kabupaten adalah mempercepat laju pertumbuhan ekonomi agar masyarakat sejahtera,” jelasnya.

Baca Juga:  Pemda Berharap LPPOM MUI Latih Auditor Sertifikasi Halal

Menurut anggota komisi II yang akrab disapa Suradio, basis ekonomi harus disiapkan pasca tambang. Kepala daerah kedepan diminta fokus menyiapkan sektor-sektor perekonomian yang bertujuan mensejahterakan masyarakat seperti, pertanian, kelautan, jasa atau pariwisata.

“Penting juga bahwa kepala daerah bersedia 24 jam melayani masyarakat, harus ada ditempat. Kalau tidak ditempat, dikhawatirkan tugas-tugas terbengkalai. Jadi Bupati jangan punya dua KTP,” terang Suradio.

Di sisi lain, anggota komisi III DPRD Beltim, Sadeli menyadari Kabupaten Beltim minimnya figur calon pemimpin. Namun dirinya menolak jika figur yang akan diusung tidak memenuhi ekspektasi publik.

“Calon kepala daerah harus cerdas dan bijaksana. Percuma cerdas tapi tidak bijaksana. Kecerdasan tanpa kebijaksanaan hanya akan menjadikan pemimpin yang licik nantinya,” tegas Sadeli. (feb)

 

Rate this article!
Tags:
author

Author: