Cap Go Meh, Ribuan Lampion Dipasang

by -

*Tanjunpandan Disulap Jadi Litle China Town

 

foto A - tjpandan sambut cap go meh

SAMBUT CAP GO MEH: Klenteng Hok Tek Che yang dihiasi ratusan lampion. Insert: Lampion di sekitar Bundaran Satam.

TANJUNGPANDAN-Menjelang Perayaan Cap Go Meh 2556 tahun 2015 ini yang jatuh pada Kamis (5/3), masyarakat Tioghoa Belitung berusaha membuat suasana meriah. Selain sejumlah tradisi pada malam Bulan Purnama Pertama setelah Imlek, Cap Go Meh juga dimeriahkan pemasangan lampion di sejumlah jalan utama di Tanjungpandan, termasuk kawasan Bundaran Satam. Jadi, Kota Tanjungpandan laiknya diubah menjadi Litle China Town.
Awalnya, pemasangan lampu lampion dipasang di sekitar di  Klenteng Hok Tek Che, Pasar Tanjungpandan, khususnya menyambut Imlek. Untuk menyambut Cap Go Meh pemasangan lampion hingga sampai Jalan Sriwijaya. Selain itu, Jalan Endek dan Gang Kim Ting juga sudah dihiasi Lampion. Pemasangan Lampion sampai Senin, tadi malam terus dilakukan.
Kepala Bidang Pertamanan dan Dinas Kebersihan Pasar Kabupaten Belitung Rustam mengatakan, sebanyak 44 tiang di pasang untuk menambah keindahan pusat kota, menjelang perayaan Cap Go Meh, Kamis malam mendatang.
Tiap tiang diisi dua lampion. “Hari ini, (kemarin,red) kami telah melakukan pemasangan lampion ini dan alhamdulililah semua sudah selesai,” ujar Rustam kepada Belitong Ekspres, Senin (2/3) tadi malam di Bundaran Satam.
Rencananya,  lampion tersebut sudah bisa di nyalakan tadi malam. Namun, pasca kondisi hujan yang turun pada sore kemarin, hingga menyebabkan beberapa lampion mengalami konslet listrik. Jadi, akhirnya besok  (malam ini,red)  lampion baru bisa dinyalakan.  “Besok (hari ini,red), kami masih memperbaiki lampion yang konslet. Semoga besok (hari ini,Red) semuanya akan selesai,”katanya.
Salah satu warga Tionghoa yang tinggal di Jalan Endek, Fendi Haryono mengatakan, Cap Go Meh tahun ini memang terlihat lebih meriah. “Semoga dengan kemeriahan ini akan membangun semangat warga masyarakat, tak hanya warga Tionghoa tapi semua masyarakat Pulau Bellitung  untuk sama-sama maju dan berkembang daerahnya,’’ ujarnya.(kin)