Cari Korban Laka Laut di Selat Nasik, Polda Kirim Helikopter

Helikopter cari korban laka laut Selat Nasik

Anggota Polairud Polda Babel saat hendak melakukan pencarian melalui udara, dengan menggunakan Helikopter milik Polda Babel, Senin (12/8) kemarin

Basarnas Sebut Jatah Pencarian Korban 7 Hari

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Polda Bangka Belitung (Babel) kerahkan satu unit Helikopter untuk mencari korban hilang laka laut di Perairan Mendanau, pekan lalu. Polisi dibantu Basarnas Babel telah melakukan penyisiran, hingga Senin (12/8) kemarin.

RajaBackLink.com

Dari hasil pemantauan melalui udara maupun laut, mereka belum menemukan empat korban yang dinyatakan hilang. Pencarian kali sudah memasuki hari ketiga pasca kejadian, Sabtu (10/8) akhir pekan lalu.

Kasubdit Patroli Air Udara (Airud) Polda Babel AKBP Stevanus mengatakan, pencarian dilakukan melalui dua jalur. Yakni udara dan laut. Untuk di laut mereka mengerahkan kapal dan beberapa perahu.

Namun untuk udara, Polda Babel langsung mendatangkan Helikopter jenis Bolco 105. AKBP Stevanus menjelaskan, dari hasil penyisiran melalui udara belum ditemukan sejumlah korban yang dinyatakan hilang.

“Kita sudah melakukan pencari di lokasi tempat tabrakan antara KM Melinda dan KM Rezeki Penuh 1. Namun belum menemukan hasil (korban belum diketemukan),” ujar AKBP Stevanus kepada Belitong Ekspres.

Dijelaskan AKBP Stevanus, pencarian hilangnya korban kapal Melinda ini hanya difokuskan satu hari. Sebab, Polisi Udara ini juga ada tugas lain. Yakni memantau hutan yang ada di Pulau Belitong.

“Dalam pencarian ini kendala utamanya adalah cuaca. Angin di lokasi cukup kencang. Dan juga ketinggian ombak mencapai dua hingga tiga meter,” ungkap Stevanus.

Sementara itu, Kepala Basarnas Babel Danang Priandoko mengatakan, dalam laka laut yang melibatkan kapal cargo (KM Melinda) dan Kapal Nelayan KM Rezeki, dia mengerahkan kekuatan penuh untuk mencari para korban.

Memasuki hari ketiga, dia memerintahkan anak buahnya melakukan pencarian di seputaran lokasi, serta beberapa mil dari tempat kejadian tabrakan tersebut. Dalam pencarian ini, Basarnas menargetkan seminggu selesai.

“Sesuai SOP, pencarian korban dilakukan selama seminggu. Selama beberapa hari ke depan, kita masih terus fokus mencari keberadaan korban,” ungkap Danang Priandoko.

Seperti diberitakan sebelumnya, Empat orang dinyatakan hilang pada saat kecelakaan laut antara KM Melinda dan KM Rezeki Penuh-1 di Perairan Mendanau, Kecamatan Selat Nasik, Sabtu (10/8) akhir pekan lalu.

Saat ini jajaran Polair Polres Belitung, beserta Basarnas dan instansi terkait masih melakukan pencarian. Sejumlah korban yang selamat sudah dilakukan evakuasi dan dibawa ke Tanjungpandan. (kin)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply