Cegah Hoaks, ASN Belitung Dihimbau Bijak Bermedia Sosial

by -3 views
Ilustrasi PNS
Ilustrasi PNS

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kabupaten Belitung, dihimbau bijak menggunakan media sosial. Hal tersebut guna untuk mencegah penyebaran berita bohong dan menjaga situasi kamtibmas di kabupaten Belitung.

“Kami harapkan mereka bijak bermedia sosial. Ada istilah dari Kemendagri yakni; saring sebelum sharing”, kata Kepala BKPSDM Kabupaten Belitung, Saprin, kepada Belitong Ekspres, Selasa (15/10) kemarin.

Menurut Saprin, dalam waktu dekat pihaknya akan segera menerbitkan surat edaran yang kemudian akan disampaikan kepada ASN mengenai penggunan media sosial. “Surat edaran tersebut masih kami buat secepatnya dan akan kami sebarkan kepada ASN,” ujarnya.

Sebelumnya, kata dia, pihaknya telah menerima surat dari Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) perihal pencegahan potensi gangguan ketertiban dalam pelaksanaan tugas dan fungsi PNS.

“Salah satu isinya adalah pegawai yang terbukti menyebarluaskan berita “hoax” yang bermuatan ujaran kebencian terkait dengan Sara merupakan suatu pelanggaran dispilin dan dijatuhi hukuman disiplin sesuai dengan peraturan undang-undang yang berlaku,” katanya.

Sementara itu, Kepala Diskominfo Belitung, Muhammad Iqbal, mengatakan, pihaknya belum melakukan patroli siber guna memantau aktivitas media sosial ASN di kabupaten Belitung. “Sejauh ini belum ada kegiatan patroli tetapi nanti tergantung arahan, kami akan menyesuaikan,” ujarnya. (dod)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *