Cek Miras, Semua Kafe Dirazia

by -

TANJUNGPANDAN- Menindaklanjuti  Peraturan Mentri Perdagangan (Permendag) Nomor 06/M-DAG/PER/1/201, tentang penjualan minuman keras, Tim Gabungan melakukan razia ke seluruh kafe yang ada di Dukong, Jumat (1/5) tadi malam.

Tim Gabungan yang terdiri dari Polsek Tanjungpandan, Pol PP Kabupaten Belitung, Polisi Militer dan Dinas unsur terkait ini, melakukan pemeriksaan kafe-kafe yang berada di Dukong, di antaranya Kafe Kurindu dan Hitam Putih.

Pantauan Belitong Ekspres di lokasi terlihat, hampir sebagian kafe yang ada di tempat tersebut tidak menjual minuman keras. Bahkan, kafe-kafe ini tidak seperti biasanya. Mereka kali ini hanya menjual makanan dan minuman jenis kaleng (non alkohol).

Namun ada salah satu kafe yang kedapatan menjual minuman keras jenis botol. Mengetahui hal tersebut tim gabungan langsung mengamankan puluhan botol-botol tersebut.

Kasatpol PP Kabupaten Belitung Alkar mengatakan, razia ini merupakan tindak lanjut dari peraturan Permendag yang baru tentang penjualan minuman keras.

Target Tim Gabungan kali ini adalah Miras dan para pendatang yang belum memiliki surat domisili.

“Kita sudah melakukan razia, tidak ada kafe-kafe yang menjual Miras. Kita akan tetap cari. Jika terbukti ada kafe yang menjual miras, maka kita akan tindak tegas kafe tersebut,” ujar Alkar kepada Belitong Ekspres, tadi malam.

Sementara itu, salah satu pemilik kafe kurindu mengatakan, dirinya sudah beberapa hari tidak menjual minuman keras. Meski kafe tetap buka, namun di tempat ini hanya menjual makanan ringan dan minuman zero alkohol.

“Semua barang (Miras-red) sudah ditarik oleh distributor. Kami saat ini hanya menjual minuman kaleng dan makanan, namun untuk karaoke tetap 0berjalan,” ujar wanita yang enggan disebut namanya ini. (kin)