Cheng Beng Tahun Ini Diperkirakan Sepi, Jimmy Tjong Himbau Sembahyang di Rumah

by -
Cheng Beng Tahun Ini Diperkirakan Sepi, Jimmy Tjong Himbau Sembahyang di Rumah
Tokoh masyarakat Tionghoa sekaligus anggota DPRD Beltim, Jimmy Tjong

belitongekspres.co.id, MANGGAR – Ritual sembahyang kubur leluhur (Cheng Beng) warga etnis Tionghoa khususnya asal Belitung diperkirakan akan sepi tahun ini. Meski sejak tanggal 10 Maret mulai diperbolehkan, kedatangan mereka banyak dibatalkan karena kabar penyebaran virus Corona (Covid-19).

“Untuk Cheng Beng (tahun ini) memang mulai Maret tanggal 10an sampai 5 April itu ujungnya. Dengan ada sikon seperti ini, saya dapat informasi sudah banyak yang batal pulang kesini,” ungkap Tokoh masyarakat Tionghoa sekaligus anggota DPRD Beltim, Jimmy Tjong kepada Belitong Ekspres, Senin (16/3) kemarin.

Jimmy juga mengkonfirmasi, warga etnis Tionghoa akan memilih sembahyang dari rumah masing-masing dan tidak datang ke kuburan leluhur sebagaimana tahun-tahun sebelumnya. “Mereka ambil simplenya sembahyang dirumah. Jadi tidak ke kuburan, seharusnya kan memang datang kesini dan sembahyang ke kubur,” kata Jimmy.

Ia bahkan menyebut rombongan keluarga besarnya yang tinggal di Jakarta telah membatalkan sejumlah agenda pertemuan reuni di Belitung. “Termasuk keluarga saya ada beberapa orang yang berencana pulang tapi batal. Kita sarankan tidak pulang. Kita boleh sembahyang dirumah dengan cara kita. Seharusnya banyak acara disini kayaknya batal sebab menghindar dari keramaian,” ujar Jimmy.

Namun kata Jimmy, warga etnis Tionghoa yang tinggal di Belitung tetap melaksanakan sembahyang kubur leluhur langsung di kuburan leluhur. Namun bagi kenyamanan bersama, Jimmy tetap menyarankan untuk menghindari keramaian.

“(Khusus Belitung) tetap melaksanakaan sembahyang bagi etnis Tionghoa di Belitung. Ada beberapa teman saya sampaikan juga agar menghindari datang dan menghadiri reuni,” tutup Jimmy. (msi)

Editor: Yudiansyah