CPNS Beltim 2019 Dapat NIP, P3K Kemungkinan Dibuka 2021

by -
CPNS Beltim 2019 Dapat NIP, P3K Kemungkinan Dibuka 2021
Kepala BKPSDM Kabupaten Beltim Yuspian.

belitongekspres.co.id, MANGGAR – Kepala Badan Kepegawaian, Pelatihan dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Belitung Timur Yuspian membenarkan CPNS tahun 2019 telah mendapat persetujuan NIP dari Badan Kepegawaian Nasional (BKN). Saat ini, sedang berlangsung proses penetapan melalui Surat Keputusan (SK).

“Jadi SK-nya draft sudah dinaikkan ke pak Bupati. Kemungkinan dalam bulan Desember ini (terbit SK) sehingga efektif di Januari. Tidak ada kendala dan sejauh ini masih sesuai jadwal,” ujar Yuspian saat dihubungi Belitong Ekspres, Rabu (12/23) kemarin.

Ditanya soal kepastian formasi P3K (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja), Yuspian menyatakan pemerintah sudah merencanakan pembukaan formasi tenaga guru. “Dalam pertemuan terakhir di Jogja, itu akan spesifik untuk formasi guru. Yang lainnya masih menunggu konfirmasi tapi yang sempat diinformasikan itu tenaga guru dan kesehatan,” ujar Yuspian.

Namun kata dia, tenaga kesehatan belum dapat konfirmasi lebih rinci kebutuhan formasi apa saja yang dibuka melalui P3K. Soal pengajuan formasi, Yuspian menyatakan BKPSDM Kabupaten Belitung Timur telah mengusulkan kebutuhan tenaga pegawai. Sebab, usulan kebutuhan pegawai berstatus PNS dan P3K disatukan.

“Jadi usulan formasi kebutuhan pegawai sudah mengadopsi PNS dan P3K. Tapi mengenai persetujuannya tergantung pemerintah pusat seperti tahun lalu, P3K itu guru dan penyuluh pertanian. Itupun bukan untuk umum tapi untuk K2. Tahun ini kita masih tunggu informasi atau intruksi lebih lanjut, apakah dibuka untuk umum atau ada kriteria khusus seperti apa,” bebernya.

Satu hal yang dapat dipastikan Yuspian adalah P3K bisa dijabat dalam jabatan PNS apa saja. Bedanya hanya status pegawai yakni P3K adalah kontrak, sedangkan PNS seumur hidup (batas usia pensiun).

“Dalam ketentuan, 1 tahun usia pensiun batas pengangkatan P3K, tidak boleh lebih dari itu karena kontrak mininal 1 tahun. Kontrak maksimal 5 tahun, tinggal menunggu lah atau diberi kebebasan kepada daerah kontraknya seperti apa,” ulasnya. (msi)