CPNS Rekrutmen CPNS itu Hoax

by -

MANGGAR – Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Belitung Timur (Beltim), Erna Kunondo, menghimbau seluruh masyarakat Kabupaten Beltim jangan menanggapinya serius kabar adanya rekrumen penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2016. Hal tersebut ia ditegaskan menanggapi merebaknya kabar rekrutmen CPNS 2016 di masyarakat belakangan ini.

 

“Jangan percaya akan adanya penerimaan CPNS ditahun 2016 ini, karena itu kabar yang tidak benar, alias hoak,” ungkap Kepala BKD Beltim, Erna Kunondo Belitong Ekspres, Rabu (3/2) kemarin.

 

Menurut Erna, pihaknya sudah menerima surat sanggahan dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) RI, Yuddy Chrisnandi tertanggal 27 Januari 2016 lalu. Dalam surat sanggahan itu, pihak Menpan RB meminta kepada para pejabat pembina kepegawaian, khususnya Gubernur, Bupati, dan Walikota untuk segera menginformasikan kepada masyarakat di wilayahnya masing-masing mengenai tidak kebenaran penjadwalan penerimaan CPNS dimaksud.

 

“Isi surat sanggahan itu, meminta masyarakat agar berhati hati jika adanya oknum yang mengatasnamakan untuk melakukan pengurusan penerimaan CPNS tahun 2016,” ujar Erna.

 

Selain itu, juga diinformasikan kepada masyarakat, bahwa sejak tahun 2014 pemerintah telah mengembangkan sistem seleksi dengan sistem CAT (Computer Assisted Test) melalui pelaksanaan seleksi dengan sistem CAT tersebut. Oleh karenanya dipastikan tidak ada pihak manapun yang dapat membantu kelulusan peserta. Apalagi tanpa mengikuti seleksi akan dapat diterbitkan surat keputusan pengangkatan sebagai CPNS.

 

Lebih lanjutkan Erna mengatakan, sanggahan yang dikeluarkan Menpan RB tentu sangat beralasan. Penerimaan CPNS saat ini masih dalam proses moratorium alias penundaan, karena jumlah PNS dianggap berlebih.

 

“Jadi kabar atau info yang sebelumnya tersebar, itu belum dijamin kebenarannya. Kecuali ada info resmi di websitenya di BKN atau website di Menpan RB, mungkin itu akan akurat,”tegasnya. (feb)