Cuaca Buruk, Nelayan Susah Dapat Ikan

by -

TANJUNGPANDAN–Akibatcuaca yang tidak menentu, beberapa nelayan mengaku kesusahan mendapatkan ikan tangkapan di laut. Hal ini tentu saja berdampak pada pendapatan nelayan sehari-harinya.Apalagi, selama bulan Ramadhan 1436 Hijriah harga-harga kebutuhan pokok mulai merangkaknaik.

            Muhaimin, salah seorang nelayan di Pelabuhan Tanjungpandan mengungkapkan bahwa cuaca saat ini susah diprediksi. Biasanya, memasuki bulan Juni – Juli kondisi angin cukup tenang dan teduh sehingga nelayan lebih mudah mendapatkan hasil tangkapan.Namun, pada tahun ini cuacanya cukup ekstrim.“Sekarang malah sudah masuk angin tenggara.Padahal pada tahun-tahun sebelumnya pada bulan Juni anginnya masih teduh,” ungkapnya.

            Masih menurut Muhaimin, angin tenggara kurang bersahabat untuk para nelayan karena menyulitkan perahu melaju di lautan.Apalagi, ia melaut sampai ke Pulau Seliu bahkan hingga ke perairan Kalimantan atau Riau. Tentunya ini berkaitan dengan konsumsi solar yang tinggi.

Terakhir, Muhaimin berharap agar kondisi cuaca terus membaik agar hasil tangkapannya lebih banyak. “Mudah-mudahan cuaca membaik,” tutup Muhaimin kepada Belitong Ekspres, kemarin (24/6).(mg3)