Curah Hujan Tinggi, BPBD Belitung Ingatkan Masyarakat untuk Waspada

by -
Curah Hujan Tinggi, BPBD Belitung Ingatkan Masyarakat untuk Waspada
Kepala Pelaksana Harian BPBD Kabupaten Belitung, Hendri Suzanto.

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Belitung, mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai curah hujan tinggi, yang berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi di daerah Belitung. Hal itu dikatakan Kepala Pelaksana Harian BPBD Kabupaten Belitung, Hendri Suzanto berdasarkan informasi pantauan cuaca BMKG.

“Berdasarkan informasi pantauan cuaca dari BMKG memang ada kondisi yang menyebabkan intensitas hujan lebat dan berpetir khususnya di Kabupaten Belitung,” katanya saat ditemui Belitong Ekspres, Rabu (26/02) kemarin.

Menurut Hendri, berdasarkan pantauan BMKG beberapa waktu lalu ditemukan keberadaan badai Tropis Ferdinand yang berpotensi menyebabkan terjadinya hujan lebat, petir dan angin kencang. Namun malam kemarin dinyatakan oleh BMKG bahwa badai itu sudah berlalu. “Tetapi prediksi mereka angin kencang dan diserati hujan lebat berpotensi terjadi hingga pertengahan Maret,” terangnya.

Hendri menambahkan, dengan kondisi cuaca ekstrem seperti sekarang ini maka masyarakat diimbau untuk waspada terhadap potensi bencana hidrometereologi seperti banjir, angin kencang, dan pohon tumbang.

Kemudian untuk di Belitung, khususnya Tanjungpandan, mempunyai daerah yang rendah seperti Kampung Damai, Kampung Parit, Perumahan sekitar Dinas PU, dan Kebun Jeruk ada beberapa titik perumahan yang berada di dekat aliran Sungai, yang kondisinya apabila hujan terjadi 3 hingga 4 jam ditambah dengan air laut pasang maka akan terjadi banjir. “Kalau di Membalong itu daerah Kembiri juga daerah rendah juga, dan banyak Sungai,” terangnya.

Maka dari itu, terutama kepada masyarakat yang tinggal di sekitar Daerah Aliran Sungai (DAS) maupun di titik lokasi yang rawan terjadinya banjir. “Kami imbau masyarakat bijaksana menghadapi keadaan alam seperti sekarang ini dan masyarakat yang berada di titik-titik lokasi itu untuk dapat mempersiapkan diri,” katanya.

Selanjutnya, kata dia BPBD Belitung senantiasa siap dalam melakukan evakuasi jika sewaktu-sewaktu terjadi keadaan darurat. “Namun kita sama-sama berharap agar itu tidak terjadi sehingga dapat menimbulkan kerugian di masyarakat baik jiwa maupun harta benda,” ujarnya. (dod)

Editor: Yudiansyah