Curi Besi, 5 warga Tajungpandan Ditangkap Polisi, 1 Masih Buron

by -
Curi Besi, 5 warga Tajungpandan Ditangkap Polisi
BB hasil curian yang diamankan polisi. (ist)

belitongekspres.co.id, BADAU – Sebanyak orang lima pelaku pencuri besi di kawasan Area Pelabuhan Tanjung Batu, ditangkap Jajaran Unit Reskrim Polsek Badau, pekan lalu. Mereka adalah S (30), TO (25), APS (36), PE (31), dan AD (35) warga Tanjungpandan.

Saat ini kelimanya masih menjalani pemeriksaan oleh pihak kepolisian. Selain itu, Jajaran Polres Belitung maupun Polsek Badau masih memburu satu pelaku lain yang diduga sebagai otak dalam kasus ini. Dia adalah AN (30).

Kabag OPS Polres Belitung AKP Poltak Purba membenarkan adanya kabar tersebut. Adanya kasus ini berawal dari laporan dari korban pria berinisial F. Dia mengaku kehilangan barang yang berada di lokasi tersebut.

Setelah mendengar laporan tersebut, polisi langsung melakukan penyelidikan. Hingga akhirnya memburu pelaku yang sudah ditetapkan sebagai tersangka ini, dan berhasil menangkapnya di Kawasan Pilang.

Dari tangan tersangka, kami mengamankan sejumlah barang bukti. Seperti seperti potongan besi hasil curian, dan juga mobil pick up yang digunakan tersangka dalam menjalankan aksinya.

Atas perbuatannya kelima pelaku dijerat Pasal 363 ayat (1) Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP) Tentang Pencurian. Kelima tersangka ini diancam dengan hukuman enam tahun penjara. “Saat ini barang bukti beserta pelaku sudah diamankan di Mapolres Belitung. Untuk satu tersangka lain masih dalam pengejaran,” pungkas pria Jebolan AKPOL 2007.

Sementara itu, tersangka S membenarkan dia beserta rekan-rekannya melakukan pencurian besi tersebut. Sebelum melakukan aksi tersebut, AN (DPO) mengajak untuk mengambil besi di lokasi.

“Waktu itu kami berlima ngumpul. Lalu katanya dia (AN) pusing lantaran tidak punya uang bayar kontrakan. Akhirnya dia ngajak kita maling besi,” kata S diiyakan oleh rekan-rekannya. (kin)