Curi HP, Tian Ditangkap Warga

by -

TANJUNGPANDAN-Tidak punya uang untuk membeli arak dan aibon, seorang pemuda yang diketahui bernama Tri Ides Tian (18) Warga Jalan Basuki Rahmat, nekat mencuri handpone milik Nur Rochim Warga Cilacap Jawa Tengah, di Jalan Kebun Jeruk, Senin (9/3) dini hari kemarin.
Berdasarkan informasi yang dihimpun Belitong Ekspres menyebutkan, pada saat itu Tian masuk ke dalam bangunan rumah tersebut, dan mencari target hp yang hendak dicuri, setelah berhasil mendapatkan barang tersebut berupa hp smarpone merk Samsung, salah satu teman korban mengetahui, dan akhirnya dia berteriak maling.
Mengetahui hal tersebut, dia langsung  Kabur. Namun warga sekitar yang mengetahui, langsung mengejar, hingga akhirnya Tian berhasil ditangkap. Tian sempat menjadi bulan-bulan masa, namun beruntung pemuda putus sekolah ini diselamatkan salah satu warga.
Setelah itu, Tian diamankan disalah satu rumah warga, lantas masyarakat sekitar langsung menelepon Polres Belitung. Mendapat laporan tersebut, anggota Polres Belitung langsung menuju ke lokasi, untuk menjemput maling ini, dibawa ke Mapolres untuk dilakukan penyidikan.
Tian kepada Belitong Ekspres mengatakan, dirinya mengakui semua perbuatannya. Menurutnya, dirinya sudah dua kali mencuri di tempat yang sama dan korbannya pun juga sama. Dia pertama kali melakukan pencurian ini, pada hari Sabtu (7/3) akhir pekan lalu.
“Awalnya saya diajak Andre, pada hari Sabtu, dan saya berhasil mengambil satu buah hape Cina merek Asia Pone. Dan hape tersebut hendak aku jual,” ujar pria yang mengaku putus sekolah ini, Senin (9/3) kemarin.
Setelah dia berhasil mengambil hp, dirinya ketagihan untuk mencuri hape kembali di lokasi yang sama. “Ya saya mencuri di sana, lokasinya strategis untuk mencuri,” katanya.
Tian menambahkan, alasan utama dirinya mencuri hape tersebut karena ingin bermabuk-mabukan dan ngaibon bersama temannya. “Kemarin hape ini sudah ada yang nawar Rp 50 ribu, rencana aku kasih dan uangnya saya gunakan untuk beli arak dan aibon,” pungkasnya.
Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Belitung AKP Joko Handono melalui Penyidik Pembantu Brigadir Desriansyah seizin Kapolres Belitung AKBP Candra Sukma Kumara mengatakan, pelaku diamankan setelah mendapat laporan dari salah satu warga sekitar.
“Tian masih kami lakukan penyidikan. Polisi akan melakukan pengembangan mengenai kasus ini. Soalnya berdasarkan pengakuan dia kepada wartawan, dirinya mencuri hp sudah dua kali dan diajak oleh Andre,” ujar pria yang kerap disapa Ides ini.
Setelah melakukan penyidikan, dirinya langsung akan melakukan pengembangan dan mencari bukti-bukti lain. Diantaranya, kendaraan yang dia pakai saat melakukan kejahatan tersebut.¬† “Pelaku akan dijerat dengan Pasal 363 Ayat 1, dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara,” ujar Ides. (kin)