Dampak dari Tingginya Tiket Pesawat, Tren Pengiriman Barang Turun di 2019

by -
Dampak dari Tingginya Tiket Pesawat, Tren Pengiriman Barang Turun di 2019
Kepala Pos Indonesia Cabang Tanjungpandan, Azmat Nuzul Pasa.

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Pengiriman paket oleh-oleh melalui kantor pos Cabang Tanjungpandan, Kabupaten Belitung, sepanjang tahun 2019 mencapai 2.776 koli. Kepala Pos Indonesia Cabang Tanjungpandan, Azmat Nuzul Pasa, mengatakan, jumlah tersebut menurun bila dibandingkan tahun sebelumnya.

Penurunan jumlah tersebut dikarenakan terkena dampak imbas kenaikan tiket pesawat dan penerapan bagasi berbayar.

“Di awal-awal tahun drastis penurunannya karena kenaikan tiket pesawat yang otomatis kunjungan wisatawan juga berkurang,” katanya saat ditemui belitongekspres.co.id, Sabtu (11/01/2020).

Menurut Azmat, pada tiga bulan terakhir tahun 2019, tren pengiriman oleh-oleh dari Belitung kembali mengalami kenaikan dan stabil seperti pada tahun sebelumnya. Sejauh ini, lanjutnya, jumlah toko oleh-oleh yang telah bermitra dengan kantor Pos Tanjungpandan sebanyak 10 toko oleh-oleh.

“Toko oleh-oleh yang bermitra dan telah memiliki user sekitar 10 UMKM. Mereka rutin, bahkan dalam satu minggu pasti ada pengiriman,” katanya.

Sedangkan untuk produk oleh-oleh yang dikirim ke luar kota diantaranya adalah kopi, coklat, madu, lada, sirup jeruk kunci, dan kerupuk. Azmat menambahkan, di tahun 2020, pihaknya tetap memberikan kemudahan pengiriman oleh-oleh dengan tarifnya lebih murah sekitar 30 persen dibandingkan pengiriman biasa.

“Contohnya pengiriman ke DKI Raya Rp 18 ribu perkilo, kalau kota-kota sekitar itu Rp 20 ribu perkilo,” katanya. Kemudian layanan antar jemput gratis untuk toko oleh-oleh yang telah bermitra guna mendukung kemajuan dan pertumbuhan UMKM di Belitung.

Editor: Subrata
Reporter: Doddy Pratama