Dana Pilkada KPUD 88,6 Miliar

by -

PANGKALPINANG – Guna mensukseskan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur dan Wakil Gubernur Bangka Belitung (Babel), Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) mendapatkan kucuran dana senilai Rp88,6 M. Dana tersebut merupakan dana keselurahan hingga pelaksanaan Pilkada dari awal hingga akhir.

Ketua KPUD Babel, Fahrurrozi mengungkapkan jika anggaran yang dikucurkan merupakan untuk membiayai seluruh tahapan dalam pelaksanan Pilgub. Tahapan-tahapan itu, mulai dari persiapan sampai PHPU. ” Anggaran yang disetujui adalah 88,6 M untuk semua tahapan. temen-temen wartawan bisa mengakses itu di PPID KPUD Babel atau langsung kepada komisioner,” ujarnya, Rabu (1/6) kemarin.

Untuk dana tersebut, dijelaskan Fahrurrozi belum bisa dicairkan mengingat karena KPUD Babel baru membuka rekening. dan mendapatkan register. Dan untuk dana pencairan sendiri akan diakukan dalam beberapa pekan terakhir. adapun dana anggaran tidak bisa dicampur dengan dana APBN.

“Tahapan pencairan belum, mungkin dalam minggu-minggu ini. Dan dana kita gunakan tidak boleh doble dengan APBD, untuk Pilgub ya dana APBD,”tegasnya.

Selain itu, ditambahkan Fahrurrozi jika pada bulan Juni ini KPUD Babel akan membentuk badan Ad hock, membentuk PPK dan PPS, selain itu juga KPUD Babel sedang melakukan Bimtek untuk meningkatkan kwalitas administrasi Pilkada. sebab itu cukup penting untuk menjaga kepercayaan publik.

“Hal-hal yang tidak sengaja salah masuk Form, salah catat, hal sepele ini bisa menjadi pintu masuk ruang kesalahan yang lain. Maka itu kita perlu meningkatkan itu jangan sampai kwalitas pilkada terabaikan,”jelasnya. (cr1)