Dana Rp 1,5 T untuk Pelabuhan Babel

OYO 399 Kelayang Beach Hotel

Provinsi Inginkan Pelabuhan Tanjung Batu dan Sadai

TANJUNGPANDAN-Dana Rp 1,5 triliun yang berasal dari peralihan subsidi bahan bakar minyak (BBM) kabarnya akan digunakan untuk pengembangan dua pelabuhan di Bangka Belitung. Pelabuhan itu yakni pelabuhan Tanjung Batu Belitung dan Pelabuhan Sadai Bangka.
Meskipun begitu tidak serta merta dua pelabuhan itu yang dikembangkan melalui dana tersebut. Di Babel masih banyak beberapa pelabuhan lainnya yang membutuhkan pengembangan.
“Kita masih koordinasi dengan kabupaten kota dan pusat untuk mensingkronkan mana pelabuhan yang diusulkan menjadi poros kemaritiman,” ujar Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Bangka Belitung Yan Megawandi, Jumat (13/2) pekan lalu.
Ia menyebut, pelabuhan yang akan dikembangkan harus disingkronkan dengan poros kemaritiman yang kini sedang dijalankan oleh Pemerintah Pusat atau yang dikenal dengan program Tol Laut. Sebagaimana jalur yang dinginkan oleh pusat sendiri. Sehingga ia tidak berani memastikan apakah dua pelabuhan itu yang akan kebagian dana besar itu.
“Itu di kementerian perhubungan. Kelayakan teknis tentu pemerintah pusat punya indikasi mana pelabuhan yang akan didorong. Kita mengusulkan tapi kita ingin dua pelabuhan itu,” tukasnya.
Sementara di Belitung sendiri pengoperasian Pelabuhan Tanjung Batu yang kini tinggal menunggu peraturan daerah (perda) Badan Usaha Pelabuhan (BUP). Raperda tersebut tinggal menunggu persetujuan DPRD Kabupaten Belitung.
Tanjung Batu kini sedang persiapan pengoperasian. Rencananya Menteri Perhubungan akan hadir dalam peresmiannya. “Pak menteri malahan janji untuk datang peresmian,” pungkasnya. (ade)

Baca Juga:  KPU Gelar Bimtek Gelombang Pertama untuk PPK dan PPS

Rate this article!
Tags:
author

Author: