Dandim 0414 Belitung Tekankan Penyiapan SDM

by -
Dandim 0414 Belitung Tekankan Penyiapan SDM
Dandim 0414 Belitung Tekankan Penyiapan SDM
Dandim 0414 Belitung, Letkol Inf Indra Padang menyerahkan trophy, piagam dan uang pembinaan kepada pemenang lomba PKK KB Kesehatan.

belitongekspres.co.id, MANGGARDandim 0414 Belitung Letkol Inf Indra Padang menekankan pentingnya penyiapan Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal guna menjawab tantangan teknologi revolusi industri 4.0 yang canggih dan serba digital.

“Kondisi tantangan bangsa kita ke depan, dimana untuk saat ini, katanya sudah zaman 4.0, teknologi canggih dan digital. Sehingga mau tidak mau kualitas SDM harus ditingkatkan, harus mampu mengikuti perubahan zaman,” ungkap Letkol Inf Indra Padang saat memberikan sambutan kegiatan bakti sosial PKK KB Kesehatan di Desa Padang, Rabu (27/11) kemarin.

Dijelaskan Dandim, kemampuan untuk mengikuti tantangan sangat diperlukan. Sebab apabila tidak, maka masyarakat akan mengalami ketertinggalan.

“Kalau tidak mampu mengikuti masyarakat akan terkewer-kewer, masyarakat akan terseret karena tidak mampu mengikuti perkembangan zaman,” ujarnya.

Menurut Dandim, sebagaimana diketahui bahwa bangsa Indonesia akan mendapat bonus demografi pada tahun 2020 sampai dengan 2036. Artinya 52 persen usia penduduk Indonesia adalah usia produktif antara 15-64 tahun.

“Harus disiapkan supaya benar-benar produktif, jangan sampai usia produktif tapi hanya bisa konsumtif, semua serba beli. Kenapa begitu karena kita tidak mampu membuat, menciptakan,” kata Dandim.

Karenanya, Dandim menilai pelayanan KB Kesehatan bersama mitra adalah perencanaan yang baik. Ia menyebut perencanaan bukan hanya soal kontrasepsi melainkan perencanaan yang menyeluruh sejak awal.

“Pelayanan kesehatan bukan hanya soal kontrasepsi kondom, suntik atau pil. Itu sudah harus direncanakan sejak usia pernikahan kapan, kehamilan bagaimana dan masa kehamilan yang harus sudah dikontrol. Nutrisi dan kesehatan janin. Inilah pentingnya pelayanan Keluarga berencana kesehatan,” paparnya.

Sebagai salah satu mitra KB Kesehatan, TNI pun siap membantu dengan seluruh sumber daya yang dimiliki. Yakni melakukan pendampingan terhadap pelaksanaan pelayanan KB Kesehatan.

“Kami bisa melakukan pendampingan dengan mendobrak keterbatasan rekan-rekan dari penyuluh lapangan BKKBN dan kesehatan. Contohnya di desa, bisa berkoordinasi dengan anggota babibsa terkait pendataan. Begitu juga menghimbau ketika akan ada pelayanan KB di desa,” tandasnya.

Editor: Subrata
Reporter: Muchlis Ilham