Dandim Kukuhkan 50 Anggota Saka Wira Kartika

by -
belitung-edisi-24-maret-2017-wira-kartika
Pengukuhan anggota Saka Wira Kartika oleh Dandim 0414/Belitung Letkol Kav Eko Saptono, di lapangan Makodim Jalan Merdeka No 1 Tanjungpandan, Kamis (23/3) kemarin.

TANJUNGPANDAN – Sebanyak 50 anggota Saka Wira Kartika dikukuhkan oleh Dandim 0414/Belitung Letkol Kav Eko Saptono. K. SE di lapangan Makodim Jalan Merdeka No 1 Tanjungpandan, Kamis (23/3) kemarin. 50 orang anggota┬á pramuka tingkat Pengalang dan Penegak, berasal dari siswa siswi SLTA se Tanjungpandan. Hadir dalam pengukuhan Kamabiran, Ka Kwaran, Kepala sekolah SMA PGRI,SMKN 2 dan SMK Yapperbel Tanjungpandan.

Dandim sebagai Pembina Upacara, dalam amanat menyampaikan, pengukuhan anggota Saka Wira Kartika bertujuan untuk membentuk dan membina Generasi muda sebagai calon pemimpin bangsa masa depan. Pemimpin yang mempunyai kepribadian, semangat, ulet, pantang menyerah, disiplin, inovatif dan pekerja keras untuk mendorong keberhasilan pencapaian cita-cita bangsa.

“Selain itu, tujuannya agar Generasi muda menjadi pemuda yang bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa , memiliki kepribadian yang tangguh , terampil ,sehat jasmani dan rohani serta memiliki Pengetahuan dan keterampilan awal Bela Negara,” ujar Ka Kwarcab Saka Wira Kartika Belitung ini.

Kata Dandim, melalui pengukuhan ini anggota Saka Wira Kartika sudah dapat melaksanakan kegiatan kepramukaan dengan memiliki rasa semangat perjuangan. Sebab, saat ini perjuangan bukan lagi fisik seperti masa lalu, tapi perjuangan untuk membangun Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indoneaia.

“Selanjutnya sebagai generasi penerus , segenap anggota Pramuka bersama-sama seluruh komponen Bangsa di tanah air berkewajiban untuk mengisi kemerdekaan dengan kegiatan yang konstruktif dan bermanfaat berguna bagi Bangsa , Negara dan Masyarakat,” katanya.

Setelah pengukuhan selesai, Dandim juga memberikan beberapa penekanan khusus kepada anggota Pramuka. Pertama agar Kegiatan ini menjadi sarana untuk menjadi membela Negara sebagai wadah pembentukan karakter Bangsa bagi generasi muda. Kedua, Gerakan Pramuka sebagai pelopor dalam membudayakan diri, senang bekerja keras serta cerdas dan iklas. Dan,kKetiga Amalkan Satya dan Dharma Pramuka dalam kehidupan bermasyarakat.

Dalam kegiatan Saka Wira Kartika ini, anggota Pramuka diberikan materi pembinaan Krida Navigasi Darat, Krida Pioneer, Krida Mountainering, Krida Survival dan Krida Penanggulangan Bencana. Ini merupakan inti dari kegiatan Saka Wira Kartika untuk membekali generasi muda melalui wadah Pramuka.

“Kegiatan Saka Wira Kartika akan diaktifkan kembali dalam kegiatan secara terarah, sistimatis dan mencapai hasil secara optimal dengan sosialisasi kepada sekolah tentang Saka Wira Kartika. Sehingga anggota akan mengetahui tujuan dan sasaran kegiatan yang merupakan latihan Semi Militer yang membuat anggota memiliki Disiplin, Semangat, motivasi yang tinggi, mandiri , bertanggungjawab dan Berwawasan kebangsaan yang tinggi,”pungkas Dandim. (rez)