Danrem: Babel Bebas Gafatar

by -

TANJUNGPANDAN- Danrem 045 Garuda Jaya Kolonel Inf Murlim Maryadi menyatakan, Saat ini Bangka Belitung aman dari ajaran Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) dan Islam State of Suriah and Irak (Isis).

Danrem 045 Garuda Jaya mengatakan, dirinya sudah menugaskan seluruh intelejennya untuk mendeteksi ajaran itu. Namun, dari hasil investigasi seluruh jajaran khususnya Bhabinsa tidak ditemukan ajaran yang menyimpang itu.

“Untuk Bangka, belum ditemukan ajaran berbau Gafatar maupun Isis. Sebelumnya kami mendengar adanya isu itu di Beltim. Namun, setelah ditindak lanjuti, pengikut ajaran itu sudah hijrah ke Kalimantan,” kata Danrem kepada Belitong Ekspres.

Meski begitu, dapat dibilang aman, namun ia tetap memerintahkan anggota untuk terus mendeteksi keberadaan ajaran-ajaran yang menyimpang dari agama itu. Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, Danrem meminta Jajaran kodim untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat.

“Kami meminta anggota dan satuan jangan terlena dengan kondisi saat ini. Sebab, semua bisa terjadi. Kami minta anggota khususnya Bhabinsa untuk mensosialisasikan masalah ini ke masyarakat,” pinta Kolonel Inf Murlim Mariadi.

Sementara itu, Dandim 0414 Belitung Letkol Arh Marten Verny Rorintulus melalui Danunit Intel 0414 Belitung Pelda Imamuddin mengatakan, di Belitung belum terdeteksi adanya ajaran itu. Ajaran itu (Gafatar), adanya di Belitung Timur.

“Tahun 2014 lalu memang ada sejumlah pengikut Gafatar. Namun, sekarang orang itu sudah di Kalimantan. Sekarang yang ada hanya anaknya, tapi anak tersebut enggan mengikuti ajaran orang tuanya. Untuk Belitung, saat ini aman dari ajaran itu, dan belum terdeteksi,” katanya. (kin)