Danrem Babel Panen Raya Padi di Danau Nujau

by -

*Sekaligus Melakukan Tanam Perdana Padi

beltim-edisi-02-maret-2017
Foto bersama Danrem dan rombongan usai melakukan kegiatan panen perdana di kawasan persawahan Danau Nujau Desa Gantung, Beltim, Rabu (1/3) kemarin.

GANTUNG – Danrem Babel 045/Garuda Jaya (Gaya) Kolonel Inf. Tjaturputra Gunadi, melaksanakan panen raya padi dan tanam perdana tanaman padi masa tanam Oktober 2016 -Maret 2017, di lokasi persawahan Danau Nujau Desa Gantung Kabupaten Belitung Timur (Beltim), Rabu (1/3) kemarin.

Kegiatan panen raya tersebut, dihadiri Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan pangan Provinsi Babel, Toni Batubara, Bupati Beltim, Yuslih Ihza, yang diwakili Plt.Sekda Beltim, Evi Nardi, Dandim 0414 Belitung, Letkol Kav Eko Saptono, Kapolres Beltim, AKBP.Nono Wardoyo,S.ik, Forkominda, Kepala BPTP Provinsi Babel, Wahyu, Para petani Danau Nujau, serta tamu undangan lainnya.

Danrem Babel 045 Garuda Jaya (Gaya) Kolonel Inf. Tjaturputra Gunadi, mengatakan kegiatan ketahanan pangan merupakan bagian dari pembangunan yang dicanangkan olehPresiden RI sebagai upaya khusus swasembada pangan di bumi pertiwi. Untuk itu TNI melalui Bintara Pembina Desa (Babinsa) memang memiliki peran dalam membantu petani di setiap desa.

Pada kesempatan itu pula Danrem menyampaikan hasil rakornas dengan Presiden dan Mentan RI khususnya kepada seluruh Petani di seluruh Indonesia ucapan terima kasih yang setinggi tingginya atas kerja keras dan kinerjanya selama ini. Karena Swasembada pangan yang direncanakan 3 tahun, ternyata bisa dilaksanakan selama 2 tahun. Bahkan saat ini Indonesia sudah melakukan ekspor beras kedua negara yakni Srilangka dan Papua Nuegini.

“Saya secara pribadi atas nama Danrem Babel 045 Gaya juga sekaligus menyampaikan ucapan terima kasih Bapak Presiden dan mentan RI pada Rakornas beberapa waktu lalu kepada semua yang hadir, terutama kepada para petani yang sudah melaksanakan kegiatan ini dengan baik.Jadikan kegiatan ini sebagai momentum semangat kita bersama dalam memberikan sumbangsih kita bagi Negara,” ungkap Danrem.

Menurutnya, kebersamaan TNI dan rakyat untuk swasembada pangan merupakan suatu keharusan. Karena ini menjadi harkat dan martabat Indonesia kedepan. “Dengan target ketahanan pangan yang diberikan Presiden, kita akan berusaha semaksimal mungkin. Dan saya punya keyakinan pasti bisa, bahkan kita saat ini sudah mengekspor padi kenegara Srilangka dan Papua Nuegini,” papar Danrem.

Panen raya yang dilakukan saat ini, ujar Danrem pada luas lahan kurang lebih 150 Hektar dan termasuk yang ditanam perdana juga pada luasan yang sama.

Baca Juga : Pemprov Siapkan Bibit Kopi Untuk Beltim

“Ini sangat luas dan saya berharap kedepan akan jauh lebih luas dari ini. Saya juga berharap kepada petani disini supaya terus menerus melakukan upaya kerja keras dalam rangka membantu percepatan tambat tanam di kawasan Danau Nujau ini. Sesuai dengan motto yang mereka lakukan, yaitu bangga menjadi petani. Berarti dengan motto tersebut mereka siap mendukung program pertanian,” ujarnya.

Kedepan dikatakan Danrem, pihaknya akan mencari strategi terbaik dalam rangka memanfaatkan lahan sawah yang sudah dicetak untuk dimanfaatkan dengan kegiatan tanam. Jajaran TNI sekaligus akan mendampingi petani serta siap melakukan naluri bertani untuk para calon dan petani nantinya.

Danrem dan rombongan dalam kegiatan ini juga bersama melakukan panen raya dan dilanjutkan melakukan penanaman padi perdana, dengan langsung turun ke sawah. (feb)