Dari Belitung untuk Palestina, Kompak Donasi Kemanusiaan

by -
Dari Belitung untuk Palestina, Kompak Donasi Kemanusiaan
Foto Istimewa

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Aksi Cepat Tanggap (ACT) Belitung melakukan penggalangan donasi untuk selamatkan Palestina. Solidaritas kemanusiaan ini dilakukan bersama komunitas dan ormas Islam seperti KAMMI, DMI, IKADI, LDK AMB, MRI Belitung dan lain-lain.

Partnership ACT Belitung Septiasari mengatakan, aksi kemanusiaan itu mereka laksanakan selama dua hari di sejumlah titik kota Tanjungpandan, Jumat (21/5) dan Sabtu (22/5). Mereka turun ke perempatan Lampu Merah Pangkal Lalang, simpang Lampu Merah Kantor Bupati Belitung, Jalan Sriwijaya dekat Masjid Jami’ Tanjungpandan.

Hasilnya mereka berhasil mengumpulkan dana hingga puluhan juta rupiah. “Alhamdulillah penggalangan dana dua hari ini terkumpul sekitar Rp 34 juta. Dana ini untuk kita salurkan langsung ke saudara-saudara kita di Pelestina,” kata Septiasari kepada Belitong Ekspres, Minggu (23/5).

Septiasari menjelaskan, hasil penggalangan dana itu akan disampaikan langsung ke ACT Pusat. Sebab, ACT sudah memiliki berapa cabang di seluruh Indonesia dan luar negeri salah satunya Palestina. “Bantuan ini akan segera kami salurkan melalui kami Rekening Aksi Cepat Tanggap langsung ke Palestina,” teranya.

Ia pun mengucapkan terimah kasih kepada seluruh masyarakat Pulau Belitung, stakeholder, dan organisasi yang terlibat lainnya. Seperti KAMMI, DMI, IKADI, LDK AMB, MRI Belitung dan lain-lain.

“Harapannya untuk semua masyarakat Pulau Belitung agar sama-sama tergerak hatinya untuk membantu sesama, melakukan aksi kemanusiaan membantu saudara-saudara kita di Palestina dan di sekitar,” harap Septiasari.

Sementara itu, Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Belitung Ibnu Haban mengatakan, aksi kemanusiaan ini dilakukan untuk membantu meringankan penderitaan umat Muslim di Palestina. Penggalangan dana tersebut akan berlangsung selama satu bulan depan.

“Kami sudah menginstruksikan ke seluruh masjid-masjid di Kabupaten Belitung mulai Jumat (21/5) untuk menggalang dana bantuan bagi saudara kita umat Muslim di Palestina,” katanya kepada Belitong Ekspres.

Setelah dana tersebut terkumpul nantinya langsung dikirimkan secara kolektif melalui nomor rekening yang tersedia bagi penyaluran donasi Palestina. “Kami harapkan para pengurus masjid dan masyarakat dapat ikut berpartisipasi dalam penggalangan dana ini guna membantu saudara-saudara kita,” ujarnya.

Hal serupa juga dilakukan oleh organisasi yang bernaung di Muhammadiyah Belitung. Pada Sabtu (22/5) mereka turun ke jalan menggalang donasi untuk Palestina bersama Muhammadiyah Lazismu, MDMC, Pemuda Muhammadiyah, NA, Tapak Suci, IPM dan KoKam.

Pengurus Pemuda Muhamadiyah Kabupaten Belitung dan Manager keuangan Administrasi pada Lazismu Belitung Ust Erwin menjelaskan, aksi penggalangan dana untuk Palestina mulai dilakukan pada Jumat (21/5) sampai Minggu (23/5).

“Kami ucapkan terima kasih kepada segenap warga Muhammadiyah dan masyarakat Belitung yang telah ikut berpartisipasi dalam penggalangan dana kemanusiaan untuk Palestina ini,” ucap Erwin kepada awak media. (dod/rez)