DATA Kasus Kebakaran Meningkat Tajam

by -

TANJUNGPANDAN-Meski ini musim hujan, tak ada salahnya jika warga masyarakat mengetahui sejauh mana potensi kebakaran di Belitung, meski kejadian ini sangat tidak diharapkan oleh siapapun. Data yang disampaikan Kantor Satpol PP dan Damkar Belitung menyebutkan, kasus kebakaran di tahun 2015 meningkat drastis dibanding tahun 2014.

Menurut data tahun 2014 kasus kebarakan sebanyak 115 kasus dan tahun 2015 lalu menjadi 230 kasus. Kabid Perlindungan Masyarakat dan Pemada Kebakaran Saiman pada Belitong Ekspres mengatakan, kasus kebakaran yang terjadi di Kabupaten Belitung mengalami peningkatan. Lantas daerah yang sering terjadi kebakaran berada di Kecamatan Sijuk dan Badau. Meski, ada juga di daerah lain namun, jumlah kasus kebakaran terbilang minim.

“Daerah Badau dan Sijuk banyak terdapat lahan tandus sehingga rawan akan terjadinya kebakaran terlebih pada saat musim kemarau,” ujar Saiman.

Menurut Saiman  pada tahun 2015 penyebab utama terjadinya kebakaran adalah kemarau panjang yang melanda kabupaten Belitung. Kasus ini sangat jauh jika dibandingkan pada tahun 2014 silam.

“Kemarau panjang pada tahun 2015 menyebabkan air tanah semakin berkurang, yang berimbas pada penanganan kebakaran. Saat terjadi kebakaran, tim pemadam sering kesulitan mencari akses sumber mata air. Serta lokasi kejadian yang berada cukup jauh.

“ Meski kejadian kebakaran berada di lokasi yang jaraknya jauh tim Damkar selalu siap bertugas untuk memadamkan kebakaran tampa mengenal waktu  pagi maupun malam,” jelas Saiman.

Saiman berharap kepada masyarakat untuk saling menjaga lingkungan bersama-sama terlebih didaerah yang padat penduduk. Serta, tidak membungan punting rokok ataupun aktifitas yang dapat memicu kebakaran. Lantas, segera berkordinasi dengan Damkar begitu ada kebakaran dan petugas akan segera bertindak cepat.(mg1)