Dayat : Golkar Solid!

by -

PANGKALPINANG – Ketua DPD I Partai Golongan Karya (Golkar) Bangka Belitung (Babel), Hidayat Arsani menyampaikan jika pihaknya masih menunggu hasil keputusan akhir dari perseteruan antar pengurus partai Golkar hasil Munas Bali dengan pengurus partai Golkar hasil Munas Ancol.
“Kita tidak bisa berandai-andai, sampai saat ini kita belum menerima surat apapun. yang jelas masih menunggu hasil keputusan akhirnya,” ujar Dayat-biasa disapa, Senin (16/3) kemarin di ruang kerjanya.
Wakil Gubernur Babel itu juga meyakini hingga saat ini pengurus DPD partai golkar dan DPD tingkat II masih solid. Dikarenakan pengurus golkar ikut aturan yang ditetapkan oleh negara. “Sampai saat ini golkar dibabel masih solid,kita ikut mana yang diakui negara,” katanya.
Meskipun nanti akan terjadi perombakan di tubuh partai berlambang pohon beringin itu, ia mengakui tidak takut jika posisinya akan digantikan. Pasalnya menurut Dayat, menjadi ketua partai sebuah tugas yang sangat berat. “Menjadi ketua partai itu bukan mudah, kalau memang ada yang gantikan. Saya mengundurkan diri. Ambil saja siapa yang mau,” tegasnya.
Selain itu juga, jelang pelaksanaan pemilihan kepala daerah yang akan digelar di 4 kabupaten se-Babel, Dayat tidak menampik dengan adanya kondisi perpecahan internal partai yang terjadi di pusat akan mengganggu proses penjaringan kader Golkar untuk dapat bersaing di pilkada mendatang. “Jelas akan mengganggu, tapi inikan masih proses penjaringan. Kita tunggu saja hasilnya akan seperti apa,” jelasnya.
Lebih lanjut, dikatakan Dayat dari 4 kabupaten yang akan melaksanakan pilkada, baru Bangka Tengah yang sudah dipastikan akan didukung penuh Golkar yakni Erzaldi. Sementara untuk yang kabupaten lain, masih dalam penjajakan dan pemetaan. “Baru Erzaldi yang sudah pasti, untuk yang lain kita lihat saja nanti. Kalau memang kader kita siap ya itu yang kita usulkan,” ungkap dayat.
Diakuinya sejauh ini sudah ada yang melakukan komunikasi dengan dirinya untuk maju sebagai calon bupati dari parpol Golkar. Menurut Dayat hal tersebut tidaklah masalah, meski bukan dari kader partai, asal calon tersebut komit dengan Golkar. “Sudah ada yang komunikasi, yang penting mereka komit dengan Golkar akan kita dukung,”pungkasnya.
Sementara itu, terpisah Ketua DPD partai Gerindra Bangka Belitung Dedy Yulianto mengatakan jika pihaknya masih menunggu instruksi dari pusat dalam menyikapi pilkada nantinya. “Kita masih menunggu instruksi dari pusat apakah akan berjalan sesuai dengan koalisi KMP atau kita diperbolehkan untuk jalan sendiri-sendiri,” ujar Dedy.
Dedy yang juga wakil ketua DPRD Babel mengatakan pihaknya dalam waktu dekat akan menggelar rapat pimpinan, salah satunya membahas pelaksanaan pilkada di babel. “Dalam waktu dekat akan digelar rampin, salah satu yang akan kita bahas adalah pilkada 2015 di 4 kabupaten Bangka Belitung,” imbuhnya. (iam)