DBMSDA Akan Bangun Jalan 50,89 Km

by -

MANGGAR – Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (BMSDA) Kabupaten Belitung Timur (Beltim) akan membangun jalan aspal sepanjang 50,89 kilometer pada tahun anggaran 2016 ini. Proyek jalan senilai total Rp 68.253.180.000 ini akan dibagi ke dalam 11 paket proyek. Mayoritas paket proyek merupakan lanjutan peningkatan jalan yang sudah dibangun tahun sebelumnya.

Hal ini disampaikan oleh, Kepala DBMSDA Ferry Irwan melalui, Kepala Bidang Bina Marga, Idwan Fikri, mengatakan jalan yang akan dibangun merupakan jalan kabupaten dan desa. Jalan-jalan tersebut akan ditambah dan dilebarkan mengingat kondisinya dianggap sudah kurang layak.

“Insyaallah proyek jalan akan dimulai pada awal bulan April ini. Kita berharap awal bulan depan sudah bisa dilelang,” ungkap Idwan, saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (2/1) kemarin.

Idwan menyebutkan paket peningkatan jalan terdiri dari Jalan Nyuruk-  Tungkup Simpang Tiga 5,5 km, ruas jalan Simpang Pesak Batu Itam – Pantai Punai 7 Km, Limbongan – Tanjung Batu Itam 7 km, ruas Birah – Selinsing 7 km, jalan proyek komplek belakang komplek perkantoran pemerintah – ke arah lokasi kantor diklat 2 km, jalan PDAM Desa Padang 3 km, Jalan Semutok – Jalan Madura, dan Jalan Cengkeh PLTD Desa Padang Kecamatan Manggar.

“Kalau untuk nilai proyeknya bervariasi mulai dari Rp 500 juta hingga Rp 10 milyar. Untuk anggaran kita menggunakan APBD Kabupaten Beltim tahun 2016 dan dana Aflimasi atau Dana Alokasi Khusus,” ujar Idwan.

Untuk pemilihan prioritas jalan, Ia menjelaskan jalan desa dipilih berdasarkan masukan dari pemerintah desa melalui Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrembangdes). Sedangkan untuk jalan Kabupaten diputuskan melalui Musrembang Kabupaten dari masukan dinas terkait.

“Untuk jalan kabupaten kita sifatnya pemeliharaan, di dinas ada toleransinya jika sudah wajib dilayer atau rehap. Jalan desa itu dari permintaan desa, lewat musrembang desa,” jelasnya. (feb)