Debat Calon, KPU Batasi Orang –poto wajah ketua KPU–

by -

TOBOALI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bangka Selatan (Basel) membatasi tamu undangan untuk menghadiri acara debat terbuka calon Bupati (Cabup) dan calon Wakil Bupati (Cawabup) yang dilaksanakan pada Jumat (27/11/2015) nanti di Gedung Nasional (Genas) Toboali pukul 13.30 WIB.
“Setiap paslon (Pasangan Calon) dibatasi undangannya untuk 50 orang, jadi total semuanya undangan paslon ada 150 orang dan tamu undangan di luar dari paslon 150 orang terdiri dari unsur muspida Provinsi Bangka Belitung dan unsur muspida Bangka Selatan,” kata Ketua KPU Basel, Ir M Ali Syahbana, Selasa (24/11) siang, seraya mengatakan tamu undangan dibatasi untuk menghadiri acara debat terbuka karena mengingat kapasitas Gedung Nasional.
“Gubernur dan unsur muspida Bangka Belitung dan termasuk KPU di Kabupaten/Kota, kita undang serta Bawaslu Provinsi Bangka Belitung. Karena debat terbuka ini merupakan bentuk kampanye yang difasilitasi oleh KPU dengan menghadiri moderator dan panelis lokal yang ada di Bangka Belitung, yakni Prov dr H Hatamar MA (moderator) dan panelisnya Dr Ahmad Yani dan Dr Ibrahim,” jelasnya.
Adapun materi debat terbuka nantinya, lanjut Ali, visi misi dan program kerja masing-masing calon disampaikan melalui debat terbuka.
“Moderator dan panelis yang kita tunjukan ini memang sudah membidangi selaku praktisi dan akedemisi sesuai dengan bidangnya masing-masing. Masyarakat umum bisa menonton acara debat terbuka di luar Gedung Nasional dan kita menyediakan layar lebar khusus untuk masyarakat, dan bisa juga menonton acara debat terbuka tunda di stasiun TVRI,” ujarnya.
Ditambahkan Ali, pengamanan acara debat terbuka melibatkan pihak kepolisian, TNI, Satpol PP dan Dinas Perhubungan (Dishub).
“Tujuan dari debat terbuka ini adalah KPU memperkenalkan calon kepada masyarakat melalui visi misi serta program kerja yang disampaikan langsung oleh calon di acara debat terbuka” tuturnya. (tom)