Desa Aik Raya Bangun Galeri Desa

by -

kades-aik-raya-amrulah

TANJUNGPANDAN-Untuk mendukung program Pemerintahan Kabuapaten (Pemkab) Belitung satu desa satu destinasi wisata, Pemerintahan Desa Air Raya membangun Galeri Wisata Desa. Galeri Desa yang berlokasi tidak jauh dari Objek Wisata Danau Biru tersebut sudah siap diresmikan, tinggal menunggu pembentukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Kepala Desa (Kades) Air Raya Amrullah pada Belitong Ekspres mengngatakan, Alhamdullah galeri desa sudah siap tinggal finishing saja. Lantas, saat ini masih dalam proses pembentukan BUMDes. “Secepatnya kita akan bentuk BUMDes sehingga galeri tersebut bisa segera berjalan,” jelasnya, Selasa (6/11), kemarin.

Amrullah menjelaskan, untuk sementara ini bangunan galeri tersebut berjumlah empat petak bangunan, satu toilet dan sumur. Lantas, pada tahun depan direncanakan akan ada penambahan untuk pembangunan pagar. “Kita rencanakan nanti selain penjulan sovenir dan oleh-oleh kita juga siapkan tenda dan tempat duduk jadi wisatawan yang datang ke Danau Biru bisa berbelanja maupun beristirahat,” ujarnya.

Dijelaskana, nanti galeri tersebut akan diisi produk-produk kelompok usaha di desa. Jadi, nantinya mereka yang mengelola.

Menurut Amrullah, pihaknya optimis dengan pendirian galeri ini dengan lokasi yang strategis dan banyak dikunjungi oleh wisatawan. Selain itu, pembangunan dan pemilihan lokasi ini merupakan usulan dan saran dari masyarakat serta pemuda. Diharapkan galeri tersebut bisa menjadi roda perekonomian masyarakat sekitar.

Kata Amrullah, bangunan galeri dan pembangunan pagar kedepanya akan di cat berwarna-warni sehingga terlihat menarik. Lantas ada fenomena unik yang terjadi di Danau Biru jika, cuaca cerah sekitar jam 09.00 hingga 10.00 WIB, air  danau akan benar-benar biru. Sebab, dari dasar permukaan air akan memantulkan cahaya sehingga warna biru terlihat menjadi terang jika dilihat dari arah barat.

“Akan kita tata benar-benar ada pagar, pay

ung ada makanan dan minuman jadi orang maupun wisatawan yang berkunjung akan menjadi betah,” tukasnya.(mg1)