Desa Air Merbau Konsen Atasi Persoalan Sampah

by -

*Melalui KSM “Sulap” Sampah Organik Jadi Pupuk Kompos

belitung-edisi-25-maret-2017-Kades-Air-Merbau-Katto
Kades Air Merbau Katto

TANJUNGPANDAN – Sebagai daerah tujuan wisata tentunya, persoalan sampah tentu menjadi perhatian serius. Oleh karena itu, Desa Aik Merbau Kecamatan Tanjungpandan yang berada di kawasan perkotaan, kini mulai bisa mengatasi persoalan tersebut terutama untuk di lingkungan desanya.

“Sebagai desa di kawasan perkotaan kita juga konsen untuk mengatasi persoalan sampah. Dan, Alhamdulillah sekarang ini mulai bisa diatasi dengan adanya Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Desa Aik Merbau,” ujar Kepala Desa Aik Merbau Katto kepada Belitong Ekspres Rabu (24/5) kemarin.

Katto menjelaskan, kelompok KSM tersebut bertugas untuk mengambil sampah warga di Desa Air Merbau untuk dikelola dan dikembangkan menjadi sesuatu yang bermanfaat.

“Jadi di sini sampah organik akan diproses menjadi pupuk. Baik itu, menjadi pupuk cair maupun pupuk kompos. Sedangkan pupuk non organik akan dijual ke pengepul,”katanya.

KSM yang beralamat di Jalan Mufakat Dusun Kerjan tersebut, bahkan saat ini kata Katto masih kewalahan dalam memenuhi permintaan masyarakat dari pupuk hasil pengolahan sampah tersebut.

“Alhamdulillah dengan adanya KSM persoalan sampah di desa air merbau setidaknya mulai bisa teratasi,”ucapnya.

Oleh sebab itu Kata Katto, untuk mengurai permasalahan sampah di Desa Air Merbau. Lantas Pemerintah Desa (pemdes) Air Merbau sudah membagikan tong sampah kepada masyarakat. Tujuannya, agar sampah-sampah tersebut tak lagi dibuang sembarangan.

Selain itu, juga diharapkan dapat mempermudah pekerjaan dari kelompok swadaya masyarakat tersebut dalam pengambilan sampah.  “Kita sudah bagikan tong-tong sampah kepada masyarakat sehingga kelompok swadaya masyarakat yang memang mengambil untuk dikelola kembali menjadi terbantu lebih mudah,”jelasnya.

Ditambahkan Katto, saat ini KSM tersebut baru memiliki mesin penggiling sampah.  Kedepanya pemerintah desa akan berusaha membnatu dengan mesin pencacah sampah sehingga diharapkan baik produksi dan kapasitasnya bisa meningkat. (rez)