Desa APJ Bersama Dinkes Belitung Berantas Sarang Nyamuk

by -
Desa APJ Bersama Dinkes Berantas Sarang Nyamuk
Foto Istimewa

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Masyarakat Desa Aik Pelempang Jaya (APJ), bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) Belitung mengadakan gerakan pemberantasan sarang nyamuk, Rabu (12/2). Langkah ini diambil untuk mencegah serangan demam berdarah (DBD) di lingkungan Desa APJ serta menjaga lingkungan tetap bersih.

Kegiatan dilaksanakan di masing-masing dusun dan lingkungan rumah. Gerakan pemberantasan sarang nyamuk dipimpin langsung dari Kepala Desa APJ Rezali S.K.M bersama Perwakilan Dinas Kesehatan Belitung serta masyarakat Desa APJ.

“Dinas Kesehatan didampingi ketua RT bersama-sama menyisir rumah-rumah warga untuk mengecek keadaan rumah baik yang terkena DBD langsung ataupun tidak. Mereka melihat kondisi tempat penampungan air, ataupun tempat-tempat yang menjadi sarang nyamuk. Sosialisasi langsung mereka lakukan ditempat untuk mencegah serangan demam berdarah” kata Rezali usai kegiatan.

Diungkapkan, pemberantasan sarang nyamuk ini untuk menekan kasus DBD yang terjadi di Desa APJ, karena sudah ada warga yang terserang demam berdarah. Terlebih dimusim penghujan diharapkan untuk menjaga kebersihan lingkungan. Lokasi yang diduga dapat nyamuk berkembangbiak perlu dibersihkan.

“Selain dilaksanakan gerakan pemberantasan sarang nyamuk, pada setiap pertemuan RT selalu saya sampaikan pentingnya hidup bersih. Sempatkan waktu 15 menit untuk membersihkan halaman pekarangan. Agar masyarakat menjaga lingkungan tetap bersih. Terlebih pada musim hujan yang rentan serangan demam berdarah,” ucapnya.

Kepala Desa juga meminta masyarakat untuk mendukung upaya penanggulangan maupun pencegahan demam berdarah. Kegiatan gerakan pemberantasan sarang nyamuk perlu dilakukan baik di lingkungan rumah, maupun sekolah. Sehingga dapat menekan kasus demam berdarah.

Ditemui di kesempatan yang sama, Ketua RT.6 Thamrin sangat menyambut baik kegiatan yang di selenggaran dari Desa APJ. Prilaku hidup bersih dan sehat lebih penting karena dapat menjegah terjadinya penyakit yang disebabkan nyamuk. “Penting perilaku hidup bersih dan sehat diterapkan oleh masyarakat bukan hanya saat musim hujan saja,” tukas Thamrin. (dan)

Editor: Yudiansyah