Desa Ibul Produksi Beras Kualitas Terbaik

by -

*Kades: Desa Kami Siap Swasembada Pangan

foto A. kades ibul dan masyarakat

Kades Ibul Kasiran saat mengunjungi salah petani yang sedang menjemur gabah.

BADAU- Tak hanya di Desa Padang Kandis Kecamatan Membalong, di Desa Ibul Kecamatan Badau juga memproduksi kualitas beras terbaik. Hal ini buktikan dengan adanya  sawah seluas 5 Hektar milik warga sekitar yang ditanami padi.

Tanah seluas tersebut di kerjakan kurang lebih 20 kepala keluarga di kawasan Desa Ibul. Selain, padi masyarakat sekitar juga menaman sengon dan sahang untuk prospek ke depan, pasca timah.

Kepala Desa Ibul Kasiran mengatakan, kurang lebih tiga tahun para petani ini sudah beralih profesi. Sebelumnya, mayoritas masyarakat sekitar adalah penambang timah. Namun, perlahan ia mengajak warga untuk bertani serta bercocok tanam.

“Alhamdulilah kami berhasil mengajak warga sekitar nanam padi. Untuk mengarap tanah, kami menggunakan mesin robin, yang sebelumnya dipakai masyarakat untuk menambang timah,” ujar Kades Ibul kepada Belitong Ekspres, Jumat (4/9) kemarin.

Dikatakan Kasiran, sekali panen tiap tiga bulan sekali masyarakat mendapat 3,5 ton beras per hektarnya. Beras yang dihasilkan memiliki kualitas tak jauh beda, dengan kualitas beras yang didatangkan dari Pulau Jawa.

“Desa kami siap swasembada pangan. Rencana, kita akan memperluas lagi sawah. Kami sudah meminta kepada Gubernur Bangka Belitung Rustam Efendi mengenai masalah ini, dan alhamdulillah beliau menyetujui,” katanya.

Mengenai bantuan dari Pemerintah Kabupaten Belitung, Kades ini mengaku sudah mendapat satu unit mesin perontok padi. Selain itu, warga sekitar juga dibantu bibit-bibit padi melalui dinas terkait Pemda Belitung.

Kades menambahkan, hanya saja saat ini ada keluhan masalah air bersih. Sebab, pasokan air yang diambil dari eks tambang dinilai kurang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Ditambah lagi saat ini Belitung memasuki musim kemarau.

“Meski musim kemarau, tak mempengaruhi kualitas panen beras tersebut. Kami berharap, pemda memberi bantuan kepada nelayan disini (Desa Ibul,red) mesin pembajak sawah,” pungkasnya. (kin)