Desa Padang Kandis Fokus Pemberdayaan Masyarakat

by -
kades padangkandis -mahyudin
Mahyudin

MEMBALONG-Semangat untuk membangun dan memajukan desa ditunjukkan desa-desa di Kabupaten Belitung. Saat ini desa-desa tersebut tengah menyusun Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKPDes) tahun 2017. Mereka berlomba-lomba menjaring program skala prioritas yang akan dilaksanakan dalam kurun waktu selama satu tahun.

Ini seperti yang dilakukan Desa Padang Kandis Kecamatan Membalong. Kepala desa (Kades) Padang Kandis Mahyudin mengatakan, setelah mengetahui jumlah anggaran yang diterima pemerintahan desa mereka langsung program-program skala prioritas.

Program pembangunan dan pemberdayaan mulai disusun dalam Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (RAPBDes) sesuai dengan hasil Musyawarah Desa (Musdes).

“Tahun ini direncanakan lebih fokus pada kegiatan pemberdayaan masyarakat. Sebab tahun sebelumnya kita sudah konsen pada sektor pembangunan,” ujarnya pada Belitong Ekspres Kamis (12/1), kemarin.

Menurutnya, peningkatan pada program kerja di sektor pemberdayaan masyarakat juga, untuk mensukseskan program-program Pemerintah Kabupaten dalam mendorong sektor pariwisata.

“Salah satu program skala prioritas yaitu, membetuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan peningkatan pemberdayaan masyarakat,”jelasnya.

Dijelaskanya, dengan adanya BUMDes diharapkan, produk-produk olahan warga, baik berupa pembuatan sovenir, pernak-pernik dan kerajinan lainya bisa menambah penghasilan masyarakat dan juga mengangkat sektor ekonomi masyarakat desa.

Kata mahyudin, untuk menunjang sektor pariwisata Desa Padang Kandis sudah memiliki dua destiniasi wisata yang sudah dikenal luas nyaitu, objek wisata pantai Penyabongan dan Gunung Baginde.

Dikatakanya, untuk saat ini sektor unggulan tetap masih pada sektor Pertanian dan kelautan. Lantas, dengan kegiatan pemberdayaan masyarakat kedepanya diharapkan bisa membangkitkan semangat masyarakat dalam mengelola produk untuk Usaha Mikro Kecil Mengah (UMKM).

“Selain program peningkatan pemberdayaan masyarakat dan program-program pembangunan lainya, sektor pariwisata juga akan ditingkatkan,”katanya.

(mg1)